Web Based Learning Adalah: Apa Itu Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

valmoria ARTICLE 4 ELEARNING AND ITS BENEFITS

Pengenalan

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, banyak hal yang dulunya dilakukan secara konvensional kini dapat dilakukan secara online. Salah satunya adalah belajar. Web based learning atau pembelajaran berbasis web adalah sebuah metode pembelajaran yang dilakukan melalui internet.

Manfaat Web Based Learning

Web based learning memiliki banyak manfaat. Pertama, metode ini memungkinkan pengguna untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Kedua, metode ini memungkinkan pengguna untuk mengikuti kelas yang berada di luar jangkauan geografis mereka. Ketiga, metode ini memungkinkan pengguna untuk belajar sesuai dengan kecepatan mereka sendiri.

Cara Menggunakan Web Based Learning

Untuk menggunakan web based learning, pengguna perlu memiliki akses ke internet dan perangkat yang memungkinkan untuk mengakses internet seperti laptop atau smartphone. Selain itu, pengguna juga perlu mencari platform pembelajaran online yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Setelah itu, pengguna dapat mendaftar dan mengikuti kelas yang mereka inginkan.

Kelebihan dan Kekurangan Web Based Learning

Web based learning memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari metode ini adalah fleksibilitas dalam waktu dan tempat serta akses ke berbagai macam kelas yang tidak tersedia di daerah pengguna. Kekurangan dari metode ini adalah kurangnya interaksi sosial yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran serta koneksi internet yang tidak selalu stabil.

Platform Pembelajaran Online Populer

Beberapa platform pembelajaran online yang populer antara lain Coursera, Udemy, dan edX. Setiap platform memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Coursera menawarkan kelas dari universitas terkemuka di seluruh dunia, Udemy menawarkan kelas yang dibuat oleh instruktur independen, dan edX menawarkan kelas dari universitas terkemuka di seluruh dunia serta sertifikasi resmi.

Rekomendasi Kursus Web Based Learning

Untuk pemula, kursus pengantar seperti HTML dan CSS di Udemy dapat menjadi pilihan yang baik. Sedangkan untuk yang ingin memperdalam pengetahuan di bidang IT, Coursera menawarkan kelas-kelas dari universitas terkemuka seperti Harvard dan Stanford.

Kesimpulan

Web based learning adalah sebuah metode pembelajaran yang dilakukan melalui internet. Metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, web based learning dapat menjadi alternatif bagi mereka yang ingin belajar secara fleksibel dan efektif. Ada banyak platform pembelajaran online yang tersedia dan kelas-kelas yang menarik untuk diikuti.

Referensi:

  • https://www.coursera.org/
  • https://www.udemy.com/
  • https://www.edx.org/