Tag Untuk Membuat Link Dokumen Web

how to use the link tag on hTML YouTube

Pengenalan

Membuat link dalam dokumen web sangatlah mudah. Tidak hanya dapat membantu navigasi pengunjung, link juga dapat meningkatkan SEO dari halaman web. Ada beberapa tag yang dapat digunakan untuk membuat link pada dokumen web, seperti tag dan .

Tag

Tag adalah salah satu tag HTML yang paling penting untuk membuat link. Tag ini dapat digunakan untuk membuat link ke halaman web, halaman lain di situs yang sama, atau dokumen lain seperti dokumen PDF atau dokumen Word. Berikut adalah contoh penggunaan tag :

Ini adalah link ke Google

Dalam contoh di atas, href adalah atribut yang digunakan untuk menentukan tujuan link. Nilai atribut harus diawali dengan protokol yang benar seperti http:// atau https://.

Tag

Selain tag , tag juga dapat digunakan untuk membuat link pada dokumen web. Namun, tag ini digunakan untuk menautkan dokumen web dengan file eksternal seperti file CSS atau JavaScript. Berikut adalah contoh penggunaan tag :

Dalam contoh di atas, rel adalah atribut yang digunakan untuk menentukan jenis file yang akan ditautkan ke dokumen web. Nilai atribut href menentukan alamat file eksternal.

Cara Membuat Link ke Dokumen Lain

Untuk membuat link ke dokumen lain, Anda perlu menentukan alamat file yang akan ditautkan. Anda juga dapat menentukan teks yang akan ditampilkan sebagai link. Berikut adalah contoh penggunaan tag untuk membuat link ke dokumen PDF:

Unduh dokumen PDF

Dalam contoh di atas, href menunjukkan alamat file PDF yang akan ditautkan. Teks “Unduh dokumen PDF” akan ditampilkan sebagai link pada dokumen web.

Cara Membuat Link ke Halaman Web Lain

Untuk membuat link ke halaman web lain, Anda perlu menentukan alamat URL dari halaman web tersebut. Berikut adalah contoh penggunaan tag untuk membuat link ke halaman web Google:

Kunjungi Google

Dalam contoh di atas, href menunjukkan alamat URL dari halaman web Google. Teks “Kunjungi Google” akan ditampilkan sebagai link pada dokumen web.

Cara Membuat Link ke Halaman yang Sama

Untuk membuat link ke halaman yang sama, Anda perlu menentukan ID dari elemen yang ingin ditautkan. Berikut adalah contoh penggunaan tag untuk membuat link ke elemen tertentu pada halaman yang sama:

Lihat bagian 1

Dalam contoh di atas, href menunjukkan ID dari elemen yang ingin ditautkan. ID tersebut harus ditempatkan pada elemen menggunakan atribut id.

Cara Membuat Link pada Gambar

Anda juga dapat membuat link pada gambar menggunakan tag . Berikut adalah contoh penggunaan tag untuk membuat link pada gambar:

Gambar

Dalam contoh di atas, tag digunakan untuk menampilkan gambar. Tag digunakan untuk membuat link pada gambar.

Kesimpulan

Membuat link pada dokumen web sangatlah mudah dengan menggunakan tag dan . Anda dapat membuat link ke halaman web lain, dokumen lain, atau file eksternal seperti file CSS atau JavaScript. Anda juga dapat membuat link pada elemen tertentu atau gambar. Dengan membuat link yang tepat, Anda dapat meningkatkan navigasi pengunjung dan meningkatkan SEO dari halaman web Anda.