Python E-Commerce: Membangun Aplikasi Web Django E-Commerce

Python Build a Django Web Application Review by

Pendahuluan

Dalam era digital seperti sekarang ini, bisnis e-commerce semakin berkembang pesat. Banyak orang yang memilih untuk berbelanja secara online karena lebih mudah, efisien, dan tidak perlu repot keluar rumah. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk membuat toko online.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat toko online, kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membangun aplikasi web Django e-commerce menggunakan bahasa pemrograman Python. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan tutorial yang mudah dipahami dan diikuti.

Apa itu Django?

Django adalah framework web Python yang memungkinkan pengembangan aplikasi web dengan cepat dan mudah. Django didesain untuk mempercepat pengembangan web dengan menghilangkan kerumitan dalam membuat aplikasi web.

Apa itu E-commerce?

E-commerce atau elektronik commerce adalah bisnis yang dilakukan secara elektronik, termasuk pembelian dan penjualan produk atau jasa melalui internet. E-commerce telah menjadi salah satu bentuk perdagangan terbesar di dunia dan semakin berkembang pesat.

Langkah-langkah Membangun Aplikasi Web Django E-commerce

Berikut adalah langkah-langkah untuk membangun aplikasi web Django e-commerce:

1. Install Django

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstal Django. Anda dapat menginstal Django menggunakan pip. Jalankan perintah berikut di terminal Anda:

pip install Django

2. Buat Proyek Django

Setelah menginstal Django, langkah selanjutnya adalah membuat proyek Django. Untuk membuat proyek Django, jalankan perintah berikut di terminal Anda:

django-admin startproject namaprojek

3. Buat Aplikasi Django

Setelah membuat proyek Django, langkah selanjutnya adalah membuat aplikasi Django. Untuk membuat aplikasi Django, jalankan perintah berikut di terminal Anda:

python manage.py startapp namaaplikasi

4. Buat Model Django

Setelah membuat aplikasi Django, langkah selanjutnya adalah membuat model Django. Model Django digunakan untuk mendefinisikan struktur database. Buat model Django dengan menambahkan kode berikut di file models.py:

class Produk(models.Model):
nama = models.CharField(max_length=200)
deskripsi = models.TextField()
harga = models.DecimalField(max_digits=10, decimal_places=2)
gambar = models.ImageField(upload_to=’produk/’)

5. Buat View Django

Setelah membuat model Django, langkah selanjutnya adalah membuat view Django. View Django digunakan untuk menampilkan data dari model Django ke halaman web. Buat view Django dengan menambahkan kode berikut di file views.py:

from django.shortcuts import render
from .models import Produk

def home(request):
produk = Produk.objects.all()
return render(request, ‘home.html’, {‘produk’: produk})

6. Buat Template Django

Setelah membuat view Django, langkah selanjutnya adalah membuat template Django. Template Django digunakan untuk menampilkan data dari view Django ke halaman web. Buat template Django dengan membuat file home.html dan menambahkan kode berikut:

{% for p in produk %}

{{ p.nama }}

{{ p.nama }}

{{ p.deskripsi }}

Harga: Rp {{ p.harga }}

{% endfor %}

7. Buat URL Django

Setelah membuat template Django, langkah selanjutnya adalah membuat URL Django. URL Django digunakan untuk mengatur navigasi antar halaman web. Buat URL Django dengan menambahkan kode berikut di file urls.py:

from django.urls import path
from . import views

urlpatterns = [
path(”, views.home, name=’home’),
]

8. Jalankan Server Django

Setelah membuat URL Django, langkah selanjutnya adalah menjalankan server Django. Jalankan server Django dengan mengetikkan perintah berikut di terminal Anda:

python manage.py runserver

9. Buat Form Django

Setelah menjalankan server Django, langkah selanjutnya adalah membuat form Django. Form Django digunakan untuk mengumpulkan data dari pengguna. Buat form Django dengan menambahkan kode berikut di file forms.py:

from django import forms
from .models import Produk

class ProdukForm(forms.ModelForm):
class Meta:
model = Produk
fields = (‘nama’, ‘deskripsi’, ‘harga’, ‘gambar’)

10. Buat Halaman Tambah Produk Django

Setelah membuat form Django, langkah terakhir adalah membuat halaman tambah produk Django. Halaman tambah produk Django digunakan untuk memungkinkan pengguna menambahkan produk baru ke toko online. Buat halaman tambah produk Django dengan membuat file tambah_produk.html dan menambahkan kode berikut:

{% csrf_token %}
{{ form.as_p }}

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah untuk membangun aplikasi web Django e-commerce menggunakan bahasa pemrograman Python. Dengan mengikuti tutorial ini, Anda dapat membuat toko online Anda sendiri dengan mudah. Selamat mencoba!