Progressive Web App Adalah

Progressive Web App Vs Website / Web application development Tool from

Pengenalan

Progressive Web App (PWA) adalah teknologi pengembangan web yang bertujuan untuk menyediakan pengalaman pengguna yang lebih baik pada perangkat seluler. PWAs dirancang untuk memiliki fitur yang mirip dengan aplikasi native namun dapat diakses melalui browser web. PWAs dapat diinstal pada layar utama perangkat seluler, memungkinkan pengguna untuk mengakses situs web seperti aplikasi tanpa perlu mengunduh aplikasi.

Cara Kerja Progressive Web App

PWAs menggunakan teknologi modern seperti Service Workers, Web App Manifests, dan HTTPS untuk memberikan pengalaman yang cepat, andal, dan aman. Service Workers memungkinkan aplikasi untuk bekerja secara offline dan memberikan notifikasi push, sementara Web App Manifests memungkinkan aplikasi untuk ditambahkan ke layar utama perangkat seluler dan memberikan ikon yang dapat diakses pengguna. HTTPS digunakan untuk memastikan koneksi yang aman antara perangkat dan aplikasi.

Keuntungan Progressive Web App

PWAs memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan aplikasi native dan situs web tradisional. Pertama, PWAs dapat bekerja secara offline, sehingga pengguna dapat mengakses aplikasi bahkan tanpa koneksi internet. Kedua, PWAs lebih cepat dan ringan dibandingkan dengan aplikasi native karena tidak perlu diunduh dan diinstal. Ketiga, PWAs dapat diakses melalui browser web, sehingga tidak perlu mengunduh aplikasi dari toko aplikasi.

Cara Mengembangkan Progressive Web App

Untuk mengembangkan PWA, Anda perlu memiliki pengetahuan tentang teknologi web modern seperti Service Workers, Web App Manifests, dan HTTPS. Anda juga perlu memastikan bahwa situs web Anda responsif dan dapat diakses melalui perangkat seluler. Anda dapat menggunakan platform seperti Google Lighthouse untuk menguji kinerja dan kelayakan PWA Anda.

Contoh Progressive Web App

Beberapa contoh PWAs yang populer termasuk Twitter Lite, Instagram, dan Flipkart. Twitter Lite memungkinkan pengguna untuk mengakses Twitter dengan cepat dan mudah melalui browser web tanpa perlu mengunduh aplikasi. Instagram juga memiliki versi PWA yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur seperti notifikasi push dan Instagram Stories. Flipkart adalah situs e-commerce India yang memiliki versi PWA untuk mempermudah pengguna membeli produk melalui perangkat seluler.

Kesimpulan

Progressive Web App adalah teknologi pengembangan web yang bertujuan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik pada perangkat seluler. PWAs memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan aplikasi native dan situs web tradisional, termasuk kemampuan untuk bekerja secara offline, kecepatan, dan akses melalui browser web. Bagi pengembang web, PWA adalah cara yang baik untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan meningkatkan konversi.