Program Web Browser Yang Dikeluarkan Oleh Microsoft Adalah

Program Browser Yang Diproduksi Oleh Perusahaan Microsoft Adalah

Mengenal Web Browser

Sebelum membahas lebih jauh tentang program web browser yang dikeluarkan oleh Microsoft, pertama-tama kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu web browser. Web browser atau yang juga disebut sebagai browser adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk mengakses halaman web di internet. Tanpa web browser, kita tidak akan bisa mengakses situs web seperti yang kita lakukan saat ini.

Sejarah Web Browser

Web browser pertama kali diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Berners-Lee membuat web browser pertama yang disebut dengan WorldWideWeb. Namun, web browser ini hanya bisa digunakan oleh para ilmuwan di CERN dan tidak bisa digunakan oleh masyarakat umum. Pada tahun 1993, Mosaic yang dikembangkan oleh National Center for Supercomputing Applications menjadi web browser pertama yang bisa digunakan oleh masyarakat umum. Kemudian, pada tahun 1994, Netscape Navigator menjadi web browser paling populer saat itu.

Program Web Browser Microsoft

Microsoft memulai pengembangan program web browser pertamanya pada tahun 1994 dengan nama Microsoft Internet Explorer. Internet Explorer menjadi web browser paling populer di dunia selama beberapa tahun. Namun, pada tahun 2015, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan mengganti Internet Explorer dengan Microsoft Edge. Microsoft Edge diluncurkan pada tahun 2015 dan menjadi web browser default pada sistem operasi Windows 10. Microsoft Edge dikembangkan dengan menggunakan mesin render EdgeHTML dan kemudian diganti dengan Chromium pada tahun 2019.

Kelebihan Microsoft Edge

Microsoft Edge hadir dengan beberapa kelebihan seperti kecepatan browsing yang lebih cepat, tampilan yang lebih modern, dukungan terhadap ekstensi, mode baca, dan Cortana yang terintegrasi dengan web browser. Selain itu, Microsoft Edge juga memiliki fitur keamanan yang lebih baik, seperti Windows Defender SmartScreen dan pembaruan otomatis.

Kesimpulan

Program web browser yang dikeluarkan oleh Microsoft adalah Microsoft Edge. Microsoft Edge memiliki beberapa kelebihan seperti kecepatan browsing yang lebih cepat, tampilan yang lebih modern, dukungan terhadap ekstensi, mode baca, dan Cortana yang terintegrasi dengan web browser. Selain itu, Microsoft Edge juga memiliki fitur keamanan yang lebih baik, seperti Windows Defender SmartScreen dan pembaruan otomatis. Meskipun demikian, pengguna masih bisa menggunakan web browser lain seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.