Penulisan Footnote Dari Web

CARA PENULISAN FOOTNOTE

Pengertian Footnote

Sebelum membahas tentang penulisan footnote dari web, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu footnote. Footnote merupakan catatan kaki yang berisikan keterangan tambahan atau referensi dari isi tulisan. Catatan kaki ini biasanya diletakkan di bagian bawah halaman atau di akhir tulisan.

Pentingnya Penulisan Footnote

Penulisan footnote sangat penting dalam suatu tulisan karena dapat memberikan keterangan tambahan atau referensi yang dapat memperkuat argumentasi dalam tulisan. Dengan adanya footnote, pembaca dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentang topik yang dibahas dalam tulisan.

Cara Penulisan Footnote dari Web

Untuk membuat footnote dari web, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, dapat menggunakan hyperlink untuk menghubungkan kata atau kalimat tertentu dengan catatan kaki yang berisi referensi atau keterangan tambahan. Kedua, dapat menggunakan angka sebagai tanda catatan kaki yang kemudian dihubungkan dengan referensi atau keterangan tambahan di bagian bawah halaman.

Contoh Penulisan Footnote dari Web

Berikut adalah contoh penulisan footnote dari web:

Menurut John Stuart Mill, kebebasan individu harus dibatasi oleh prinsip kebahagiaan yang terbesar bagi sebanyak mungkin orang (1).

Catatan kaki:

1 John Stuart Mill, On Liberty (London: Longman, Roberts & Green, 1869), 14.

Kesimpulan

Penulisan footnote dari web sangat penting dalam suatu tulisan. Dengan menggunakan footnote, pembaca dapat memperoleh informasi tambahan yang dapat memperkuat argumentasi dalam tulisan. Terdapat beberapa cara untuk membuat footnote dari web, seperti menggunakan hyperlink atau angka sebagai tanda catatan kaki. Dengan memahami cara penulisan footnote yang tepat, dapat meningkatkan kualitas tulisan dan memudahkan pembaca dalam memahami isi tulisan.