Penulisan Daftar Pustaka Dari Web

Cara Membuat Daftar Pustaka Yang Diambil Dari

Pengertian Daftar Pustaka

Sebelum membahas cara penulisan daftar pustaka dari web, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu daftar pustaka. Daftar pustaka adalah kumpulan sumber referensi yang digunakan dalam sebuah karya tulis. Daftar pustaka harus ditulis dengan benar dan lengkap agar dapat membantu pembaca dalam menemukan sumber referensi yang digunakan.

Pentingnya Daftar Pustaka

Daftar pustaka sangat penting dalam sebuah karya tulis, terutama untuk menunjukkan bahwa kita telah melakukan penelitian yang cukup dan berusaha menggunakan sumber referensi yang akurat. Selain itu, daftar pustaka juga berguna bagi pembaca yang ingin mengakses sumber referensi yang digunakan.

Penulisan Daftar Pustaka dari Web

Dalam era digital seperti sekarang, sumber referensi yang digunakan tidak hanya dari buku dan jurnal, tetapi juga dari web. Berikut adalah cara penulisan daftar pustaka dari web:

1. Identifikasi Sumber

Sebelum menuliskan sumber pada daftar pustaka, pastikan Anda mengidentifikasi sumber tersebut dengan benar. Sumber yang diidentifikasi salah dapat mengakibatkan daftar pustaka tidak akurat.

2. Tuliskan Nama Penulis

Setelah mengidentifikasi sumber, tuliskan nama penulis atau penyunting sumber tersebut. Jika tidak ada nama penulis, tuliskan nama pengarang atau organisasi yang bertanggung jawab atas sumber tersebut.

3. Judul Sumber

Tuliskan judul sumber dengan baik dan benar. Pastikan Anda menuliskan judul yang sesuai dengan sumber yang digunakan.

4. Tanggal Sumber Diterbitkan

Tuliskan tanggal sumber diterbitkan atau diakses. Jika sumber tidak memiliki tanggal, tuliskan n.d.

5. Alamat URL

Tuliskan alamat URL sumber dengan lengkap dan benar. Pastikan Anda menuliskan alamat URL yang benar dan masih dapat diakses.

6. Tanggal Akses

Tuliskan tanggal akses sumber. Tanggal akses adalah tanggal ketika Anda mengakses sumber tersebut.

7. Format Penulisan

Penulisan daftar pustaka dari web dapat menggunakan format APA atau MLA. Pilih format yang sesuai dengan tuntutan karya tulis yang Anda buat.

8. Urutan Penulisan

Urutan penulisan dalam daftar pustaka biasanya dimulai dari nama penulis, judul sumber, tanggal sumber diterbitkan, alamat URL, dan tanggal akses sumber.

9. Contoh Penulisan

Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka dari web menggunakan format APA: Nama Penulis. (Tahun). Judul Sumber. Diakses pada tanggal bulan tahun, dari http://alamat-url.com.

10. Kesimpulan

Demikianlah cara penulisan daftar pustaka dari web yang benar dan lengkap. Penting bagi penulis untuk mengikuti aturan penulisan daftar pustaka agar karya tulis yang dihasilkan dapat diakui keakuratannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan informasi tentang penulisan daftar pustaka dari web.