Membuat Website Dengan Python Di Tahun 2023

Membuat Aplikasi Crud Dengan Python Dan Mysql Kelas Programmer Mobile

Pengenalan

Pada tahun 2023, Python masih menjadi bahasa pemrograman yang populer digunakan dalam pembuatan website. Python memiliki sintaks yang mudah dipahami dan dimengerti serta banyak modul yang dapat digunakan untuk membangun website. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat website dengan Python.

Langkah Awal

Langkah awal dalam membuat website dengan Python adalah menginstal Python di komputer Anda. Setelah Python terinstal, Anda perlu menginstal Flask atau Django. Flask adalah framework yang lebih sederhana dan lebih cocok untuk proyek kecil, sedangkan Django adalah framework yang lebih kuat dan cocok untuk proyek besar.

Membuat Aplikasi Flask

Untuk membuat aplikasi Flask, Anda perlu membuat file baru bernama app.py dan menambahkan kode berikut: “` from flask import Flask app = Flask(__name__) @app.route(“/”) def hello(): return “Hello World!” if __name__ ==”__main__”: app.run() “` Kode di atas akan membuat aplikasi Flask yang sederhana. Anda dapat menjalankan aplikasi ini dengan mengetikkan perintah `python app.py` di terminal.

Membuat Aplikasi Django

Untuk membuat aplikasi Django, Anda perlu menginstal Django terlebih dahulu. Setelah itu, buatlah proyek Django baru dengan mengetikkan perintah `django-admin startproject mysite`. Setelah proyek dibuat, Anda perlu membuat aplikasi baru dengan mengetikkan perintah `python manage.py startapp myapp`. Setelah aplikasi dibuat, buka file views.py dalam folder myapp dan tambahkan kode berikut: “` from django.http import HttpResponse def hello(request): return HttpResponse(“Hello World!”) “` Setelah itu, buka file urls.py dalam folder myapp dan tambahkan kode berikut: “` from django.urls import path from . import views urlpatterns = [ path(”, views.hello, name=’hello’), ] “` Kode di atas akan membuat aplikasi Django yang sederhana. Anda dapat menjalankan aplikasi ini dengan mengetikkan perintah `python manage.py runserver` di terminal.

Menambahkan Fitur pada Website

Setelah Anda berhasil membuat aplikasi Flask atau Django, Anda dapat menambahkan fitur-fitur pada website Anda. Misalnya, Anda dapat menambahkan form login atau form registrasi, menambahkan halaman admin, atau menambahkan halaman profil pengguna. Untuk menambahkan fitur-fitur tersebut, Anda perlu menambahkan kode pada file views.py atau pada file templates yang digunakan oleh aplikasi Anda.

Deploy Website

Setelah website selesai dibuat, Anda dapat deploy website Anda ke server. Anda dapat menggunakan platform seperti Heroku atau PythonAnywhere untuk deploy website Anda. Untuk deploy website menggunakan Heroku, Anda perlu membuat akun Heroku dan mengikuti instruksi pada website Heroku. Setelah itu, Anda perlu membuat file requirements.txt dan Procfile pada aplikasi Flask atau Django Anda. Untuk deploy website menggunakan PythonAnywhere, Anda perlu membuat akun PythonAnywhere dan mengikuti instruksi pada website PythonAnywhere. Setelah itu, Anda perlu mengunggah file aplikasi Flask atau Django Anda ke server PythonAnywhere.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat website dengan Python pada tahun 2023. Python masih menjadi bahasa pemrograman yang populer digunakan dalam pembuatan website, dan kita dapat menggunakan framework seperti Flask atau Django untuk membangun website. Selain itu, kita juga dapat menambahkan fitur-fitur pada website dan deploy website ke server.