Jelaskan Cara Kerja Web Server

It Solutions, Ireland July 2011

Pengertian Web Server

Web server adalah sebuah software yang berfungsi untuk mengelola dan menyediakan data dan layanan pada sebuah website. Web server akan menerima permintaan dari client dan akan memberikan respon berupa data yang diminta oleh client. Web server juga bertanggung jawab untuk mengelola permintaan dan respon data yang terjadi di dalam server.

Cara Kerja Web Server

Cara kerja web server dimulai dari saat client melakukan akses ke website. Saat client mengakses website, maka client akan mengirimkan permintaan ke server. Permintaan ini berupa HTTP Request yang berisi informasi tentang data yang diminta oleh client.

Setelah menerima permintaan dari client, web server akan memproses permintaan tersebut dengan mencari data yang sesuai dengan permintaan di dalam server. Data ini disimpan di dalam file atau database yang terhubung dengan web server.

Setelah data berhasil ditemukan, web server akan mengirimkan HTTP Response yang berisi data yang diminta oleh client. Data yang dikirimkan ini berupa file HTML, CSS, Javascript, atau gambar yang diambil dari database atau file yang tersimpan di dalam server.

Jenis-jenis Web Server

Saat ini, terdapat banyak jenis web server yang digunakan untuk mengelola website. Beberapa jenis web server yang umum digunakan adalah Apache, Nginx, IIS (Internet Information Server), dan Lighttpd. Masing-masing jenis web server memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik website yang akan dijalankan.

Keamanan Web Server

Keamanan web server menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah website. Web server yang tidak aman dapat menjadi sasaran serangan hacker yang dapat menyebabkan kerusakan pada website atau mengambil data penting yang tersimpan di dalam server. Untuk mengamankan web server, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan seperti mengaktifkan SSL (Secure Socket Layer), menggunakan firewall, dan melakukan update secara berkala terhadap software dan plugin yang digunakan di dalam server.

Kesimpulan

Web server merupakan software yang sangat penting dalam menjalankan sebuah website. Cara kerja web server dimulai dari saat client melakukan akses ke website, kemudian web server akan memproses permintaan client dan mengirimkan data yang diminta oleh client. Terdapat banyak jenis web server yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik website yang akan dijalankan. Untuk mengamankan web server, diperlukan beberapa langkah untuk mencegah serangan hacker dan menjaga keamanan data yang tersimpan di dalam server.

Sumber Referensi:

  • https://www.cloudflare.com/learning/web-server/what-is-a-web-server/
  • https://www.keycdn.com/support/what-is-a-web-server/
  • https://www.hostinger.co.id/tutorial/cara-kerja-web-server/