Contoh Web 1.0: Pengertian, Karakteristik, Dan Contohnya

Perbedaan HomePage, Web Page, dan Web Site Esawind12

Pengertian Web 1.0

Web 1.0 merupakan era awal pengembangan World Wide Web (WWW) yang dimulai sejak tahun 1990-an. Pada masa ini, internet masih bersifat statis dan hanya bisa digunakan untuk mengakses informasi yang sudah disediakan oleh pengembang situs web. Oleh karena itu, pengguna internet pada era ini lebih banyak bersifat pasif dan hanya sebagai pengamat.

Karakteristik Web 1.0

Karakteristik utama dari Web 1.0 adalah informasi yang disajikan masih berupa teks dan gambar statis. Selain itu, interaksi antara pengguna dan situs web sangatlah terbatas. Kebanyakan situs web pada masa itu hanya menyediakan informasi tentang perusahaan atau organisasi, seperti profil, produk, dan layanan yang ditawarkan.

Contoh Situs Web 1.0

Salah satu contoh situs web 1.0 adalah Yahoo, yang diluncurkan pada tahun 1994. Saat itu, Yahoo hanya menyediakan katalog situs web yang diurutkan berdasarkan kategori. Pengguna hanya bisa mencari informasi dengan cara memilih kategori tertentu dan mengikuti link yang disediakan oleh Yahoo.

Kelemahan Web 1.0

Meskipun Web 1.0 merupakan era awal pengembangan WWW, namun memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan utama adalah sulitnya memperbarui informasi di situs web. Pengembang harus memperbarui situs web secara manual dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML.

Perkembangan Web 1.0

Perkembangan Web 1.0 terus berlangsung hingga akhir tahun 1990-an. Pada masa ini, situs web mulai menggunakan teknologi seperti JavaScript, CSS, dan Flash untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna.

Kesimpulan

Web 1.0 merupakan era awal pengembangan WWW yang masih bersifat statis dan hanya bisa digunakan untuk mengakses informasi yang sudah disediakan. Meskipun memiliki kelemahan, namun perkembangan Web 1.0 terus berlangsung hingga akhir tahun 1990-an. Salah satu contoh situs web 1.0 adalah Yahoo, yang hanya menyediakan katalog situs web yang diurutkan berdasarkan kategori.