Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Website

Daftar Pustaka Untuk Website

Pendahuluan

Daftar pustaka adalah bagian penting dalam penulisan sebuah karya ilmiah, termasuk skripsi, tesis, atau disertasi. Daftar pustaka berisi daftar sumber referensi yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah tersebut. Sumber referensi yang dimaksud bisa berasal dari berbagai jenis media, termasuk buku, jurnal, artikel, dan website.

Sumber Referensi dari Website

Saat ini, banyak sekali sumber referensi yang bisa didapatkan dari website. Contohnya adalah jurnal online, artikel online, e-book, dan lain sebagainya. Namun, dalam penulisan daftar pustaka dari website, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Penulisan Nama Pengarang

Dalam penulisan nama pengarang, sesuaikan dengan apa yang tertera di website tersebut. Jika nama pengarang tidak diketahui, gunakan nama dari organisasi atau lembaga yang menjadi pengelola website tersebut.

Penulisan Judul Artikel

Judul artikel yang diambil dari website harus dicantumkan dengan lengkap, termasuk judul sub-artikel jika ada. Gunakan tanda kutip pada judul artikel dan huruf miring pada judul sub-artikel.

Penulisan Tahun Terbit

Tahun terbit pada sumber referensi dari website umumnya tidak tersedia. Oleh karena itu, gunakan tahun akses atau tahun terakhir kali website tersebut diakses.

Penulisan URL

URL website harus dicantumkan secara lengkap dan akurat. Pastikan URL tersebut dapat diakses dan masih aktif. Jangan lupa untuk menambahkan tanggal akses pada akhir URL.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Website

Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka dari website:

  1. Adams, J. (2019). A Beginner’s Guide to Machine Learning. Diakses pada 5 Maret 2023 dari https://www.example.com/beginners-guide-machine-learning/
  2. Brown, A. (2022). The Impact of Social Media on Mental Health. Journal of Social Psychology, 28(2), 35-45. Diakses pada 10 Februari 2023 dari https://www.example.com/the-impact-of-social-media-on-mental-health/
  3. Smith, J. (2021). E-Book: Introduction to Data Science. Diakses pada 20 April 2023 dari https://www.example.com/introduction-to-data-science/

Kesimpulan

Penulisan daftar pustaka dari website memang memerlukan ketelitian dan keakuratan dalam mencantumkan informasi sumber referensi. Dengan memperhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan seperti yang telah dijelaskan di atas, diharapkan bisa membantu dalam menulis daftar pustaka yang baik dan benar.