Contoh Laporan Pkl Tentang Website

Contoh Laporan Pkl Sistem Informasi Kepegawaian My Skripsi

Pendahuluan

Pada tahun 2023, dunia digital semakin berkembang pesat. Setiap perusahaan atau individu membutuhkan website untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa jurusan teknologi informasi untuk memahami cara membuat website yang baik dan efektif. Dalam praktik kerja lapangan (PKL), mahasiswa biasanya diminta untuk membuat laporan tentang website yang mereka buat. Berikut adalah contoh laporan PKL tentang website.

Deskripsi Perusahaan

Perusahaan yang menjadi objek PKL adalah PT ABC, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi bisnis. PT ABC telah berdiri selama 10 tahun dan memiliki klien dari berbagai industri. Perusahaan ini memiliki website yang sudah lama beroperasi, namun belum dioptimalkan dengan baik.

Tujuan Pembuatan Website

Tujuan pembuatan website PT ABC adalah untuk memperkenalkan perusahaan dan jasa konsultasi yang ditawarkan kepada calon klien. Selain itu, website juga bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan memudahkan klien untuk menghubungi perusahaan.

Analisis Website

Dalam melakukan analisis website, kami menggunakan beberapa alat seperti Google Analytics dan Screaming Frog. Dari hasil analisis, kami menemukan beberapa masalah dalam website PT ABC, seperti loading time yang lama dan kurangnya optimasi SEO. Selain itu, website juga terlihat kurang menarik karena penggunaan warna yang terlalu monoton.

Desain dan Pengembangan Website

Dalam merancang dan mengembangkan website, kami menggunakan platform WordPress dan tema Divi. Kami juga melakukan optimasi SEO dengan melakukan penelitian kata kunci dan mengoptimalkan meta description dan title tag. Selain itu, kami juga melakukan redesign terhadap tampilan website dengan menambahkan gambar yang lebih menarik dan memperbaiki tata letak.

Hasil dan Evaluasi

Setelah melakukan perbaikan, website PT ABC berhasil meningkatkan loading time dan ranking pada mesin pencari. Penggunaan warna yang lebih variatif juga membuat website terlihat lebih menarik dan profesional. Namun, masih ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki seperti konten yang kurang informatif dan kurangnya penggunaan media sosial untuk mempromosikan website.

Kesimpulan

Dalam praktik kerja lapangan, mahasiswa jurusan teknologi informasi dapat belajar banyak tentang cara membuat website yang baik dan efektif. Dalam contoh laporan PKL tentang website ini, kami menunjukkan langkah-langkah yang kami lakukan dalam meningkatkan website PT ABC. Namun, perbaikan website tidak berhenti di sini saja dan perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga kualitas dan relevansi.