Home Digital Cara Upload Web Ke Hosting Cpanel

Cara Upload Web Ke Hosting Cpanel

Cara Upload Website ke Hosting Cpanel YouTube

Mengenal Hosting cPanel

Hosting cPanel adalah salah satu layanan web hosting yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan menggunakan cPanel, Anda bisa mengelola semua aspek website Anda, mulai dari pengaturan domain, email, file, database, dan lain-lain. Bagi pemula, cPanel bisa terlihat cukup rumit, tetapi sebenarnya cukup mudah untuk digunakan.

Langkah Pertama: Login ke cPanel

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke akun cPanel Anda. Biasanya, Anda akan mendapatkan username dan password dari penyedia hosting Anda. Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman utama cPanel.

Langkah Kedua: Upload File ke cPanel

Setelah berhasil login, Anda bisa mulai mengupload file website Anda ke cPanel. Pertama-tama, klik menu “File Manager” di halaman utama cPanel. Setelah itu, pilih direktori tempat Anda ingin mengupload file website Anda.

Langkah Ketiga: Upload File dengan FTP

Setelah masuk ke direktori tempat Anda ingin mengupload file website Anda, klik tombol “Upload” di bagian atas halaman. Ada dua cara untuk mengupload file, yaitu dengan FTP atau dengan mengupload langsung melalui cPanel. Disarankan untuk menggunakan FTP karena lebih cepat dan stabil.

Langkah Keempat: Konfigurasi Database

Setelah berhasil mengupload file website Anda, langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi database. Pertama-tama, buat database baru di cPanel dengan cara klik menu “MySQL Databases”. Setelah itu, buat username dan password untuk database Anda.

Langkah Kelima: Install Website

Setelah berhasil mengupload file website dan mengkonfigurasi database, langkah selanjutnya adalah menginstall website Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi seperti WordPress atau Joomla untuk membuat website Anda. Setelah berhasil menginstall aplikasi, Anda bisa mengakses website Anda melalui URL yang telah Anda daftarkan.

Langkah Keenam: Backup Website Anda

Setelah berhasil membuat website, jangan lupa untuk melakukan backup secara berkala. Backup sangat penting untuk melindungi website Anda dari kerusakan atau kehilangan data. Anda bisa melakukan backup dengan menggunakan fitur yang disediakan oleh cPanel.

Langkah Ketujuh: Mengelola Email

Selain mengelola website, cPanel juga menyediakan fitur untuk mengelola email. Anda bisa membuat email baru, mengatur quota, dan lain-lain.

Langkah Kedelapan: Mengelola Domain

Jika Anda memiliki beberapa domain, Anda bisa mengelolanya melalui cPanel. Anda bisa menambahkan domain baru, mengatur DNS, dan lain-lain.

Langkah Kesembilan: Mengelola Database

Selain mengkonfigurasi database, cPanel juga menyediakan fitur untuk mengelola database. Anda bisa mengimport atau mengexport data, menghapus database, dan lain-lain.

Langkah Kesepuluh: Mengelola File

Terakhir, Anda bisa mengelola file di cPanel. Anda bisa menghapus atau mengedit file, mengatur permission, dan lain-lain. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa dengan mudah mengupload website ke cPanel. Pastikan untuk melakukan backup secara berkala dan mengelola website Anda dengan baik agar website Anda dapat berjalan dengan lancar dan aman.