Cara Upload Web Codeigniter Ke Hosting

Cara Upload Website Codeigniter Ke Hosting

Pendahuluan

Membuat sebuah website menggunakan framework Codeigniter memang sangat mudah dan efisien. Namun, bagaimana cara upload web Codeigniter ke hosting? Terkadang, proses upload web bisa menjadi sulit bagi beberapa orang. Oleh karena itu, pada artikel ini, kami akan memberikan tips tentang cara upload web Codeigniter ke hosting dengan mudah dan cepat.

Langkah Pertama: Persiapan

Sebelum mulai meng-upload web Codeigniter ke hosting, pastikan bahwa Anda sudah memiliki hosting dan domain terlebih dahulu. Jika belum, Anda bisa membelinya dari penyedia layanan hosting terpercaya. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda sudah memiliki akses ke panel hosting Anda.

Langkah Kedua: Kompress File

Setelah persiapan selesai, langkah selanjutnya adalah mengkompress file web Codeigniter Anda menjadi format zip. Hal ini akan mempermudah proses upload dan download. Pastikan bahwa semua file dan folder yang dibutuhkan sudah dikompress dan siap di-upload.

Langkah Ketiga: Upload File

Setelah file web Codeigniter Anda dikompress, selanjutnya adalah meng-upload file tersebut ke server hosting Anda. Anda bisa menggunakan File Transfer Protocol (FTP) untuk meng-upload file tersebut. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki akses ke panel hosting dan memiliki username serta password untuk mengakses FTP.

Langkah Keempat: Extract File

Setelah file web Codeigniter Anda berhasil di-upload ke server hosting, selanjutnya adalah mengekstrak file tersebut. Anda bisa menggunakan fitur Extract pada panel hosting Anda. Pastikan bahwa semua file dan folder telah diekstrak dengan benar.

Langkah Kelima: Konfigurasi

Setelah proses ekstraksi selesai, selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada file config.php dan database.php. Pastikan bahwa konfigurasi tersebut sesuai dengan server hosting yang Anda gunakan.

Langkah Keenam: Uji Coba

Setelah semua proses upload dan konfigurasi selesai dilakukan, coba untuk mengakses website Anda. Pastikan bahwa website tersebut berjalan dengan lancar dan tidak ada error atau masalah yang muncul.

Kesimpulan

Meng-upload web Codeigniter ke hosting memang bisa menjadi proses yang rumit bagi beberapa orang. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan di atas, proses tersebut bisa dijalankan dengan mudah dan cepat. Pastikan bahwa seluruh langkah telah dilakukan dengan benar dan website Anda sudah berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!