Cara Print Halaman Web Di Android

Cara Setting PrinterShare untuk Print dari Android Terbaru Juli 2022

Perkenalan

Halo semua, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara print halaman web di android. Bagi kalian yang sering menggunakan android untuk browsing, pasti pernah memiliki kebutuhan untuk mencetak halaman web yang sedang kalian akses. Meskipun terkadang kita bisa mengirim link halaman web tersebut ke perangkat lain untuk dicetak, namun terkadang ada beberapa kendala seperti ketidakcocokan format atau terlalu banyak gambar yang tidak ingin dicetak. Nah, untuk itu saya akan memberikan beberapa cara mudah untuk mencetak halaman web di android.

Cara Pertama: Menggunakan Google Cloud Print

Cara pertama yang bisa kalian gunakan adalah dengan menggunakan Google Cloud Print. Google Cloud Print adalah layanan dari Google yang memungkinkan kita untuk mencetak dari jarak jauh, baik itu dari perangkat android, komputer, atau perangkat lainnya yang terhubung dengan akun Google. Untuk menggunakan Google Cloud Print, kalian perlu menghubungkan printer kalian ke akun Google dan mengaktifkan fitur Google Cloud Print pada printer tersebut. Setelah printer terhubung, kalian bisa membuka halaman web yang ingin dicetak, lalu pilih opsi “Print” pada browser kalian. Kemudian, pilih printer yang sudah terhubung dengan akun Google kalian dan sesuaikan pengaturan cetak sesuai kebutuhan kalian. Setelah itu, klik “Print” dan halaman web tersebut akan dicetak melalui printer yang sudah kalian pilih tadi.

Cara Kedua: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara kedua yang bisa kalian gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti PrinterShare atau Cloud Print. Aplikasi ini memungkinkan kalian untuk mencetak halaman web dari perangkat android kalian tanpa perlu terhubung dengan printer melalui kabel atau jaringan Wi-Fi. Untuk menggunakan aplikasi ini, kalian perlu mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu dari Google Play Store. Setelah terinstal, buka halaman web yang ingin dicetak, lalu pilih opsi “Print” pada browser kalian. Kemudian, pilih PrinterShare atau Cloud Print sebagai printer yang akan digunakan dan sesuaikan pengaturan cetak sesuai kebutuhan kalian. Setelah itu, klik “Print” dan halaman web tersebut akan dicetak melalui aplikasi yang sudah kalian pilih tadi.

Cara Ketiga: Menggunakan Fitur Bawaan pada Perangkat Android

Cara ketiga yang bisa kalian gunakan adalah dengan menggunakan fitur bawaan pada perangkat android. Beberapa perangkat android memiliki fitur cetak bawaan yang bisa digunakan untuk mencetak halaman web atau dokumen lainnya. Namun, fitur ini tidak tersedia pada semua perangkat android, jadi pastikan perangkat kalian memiliki fitur ini sebelum mencobanya. Untuk menggunakan fitur cetak bawaan, buka halaman web yang ingin dicetak, lalu pilih opsi “Print” pada browser kalian. Kemudian, pilih “Printers” dan pilih printer yang ingin kalian gunakan. Sesuaikan pengaturan cetak sesuai kebutuhan kalian, lalu klik “Print” dan halaman web tersebut akan dicetak melalui printer yang sudah kalian pilih tadi.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk mencetak halaman web di android. Kalian bisa menggunakan Google Cloud Print, aplikasi pihak ketiga, atau fitur bawaan pada perangkat android kalian. Tentunya, setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah cara yang paling cocok dengan kebutuhan kalian. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih sudah membaca!