Cara Penulisan Daftar Pustaka Dari Web

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Tanpa Nama Pengarang

Pendahuluan

Daftar pustaka adalah salah satu bagian penting dalam sebuah karya ilmiah, baik itu skripsi, tesis, maupun disertasi. Daftar pustaka berisi kumpulan referensi atau sumber informasi yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah tersebut. Salah satu sumber informasi yang sering digunakan adalah web atau situs web. Pada artikel ini, akan dibahas cara penulisan daftar pustaka dari web dengan menggunakan aturan yang benar.

Tips Penulisan Daftar Pustaka dari Web

1. Gunakan Sumber yang Terpercaya

Sumber yang terpercaya adalah sumber yang mempunyai reputasi baik dan diakui keberadaannya oleh banyak orang. Contohnya, situs web pemerintah, universitas, atau organisasi internasional. Pastikan sumber yang digunakan mempunyai kredibilitas yang tinggi sehingga dapat diandalkan sebagai sumber informasi yang baik.

2. Cantumkan Informasi yang Lengkap

Informasi yang harus dicantumkan pada daftar pustaka dari web antara lain judul artikel, nama pengarang, nama situs web, tanggal akses, dan URL situs web. Pastikan informasi yang dicantumkan lengkap dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Jangan lupa untuk menambahkan tanda titik dua (:) setelah judul artikel dan tanda titik koma (;) di akhir informasi.

3. Gunakan Gaya Penulisan yang Sesuai

Gaya penulisan yang digunakan pada daftar pustaka dari web dapat menggunakan gaya Chicago, APA, atau MLA. Pastikan Anda memilih gaya penulisan yang sesuai dengan aturan yang berlaku pada institusi atau lembaga yang Anda ikuti. Biasanya, institusi atau lembaga memiliki aturan yang berbeda-beda dalam penulisan daftar pustaka.

4. Gunakan Perangkat Lunak Referensi

Perangkat lunak referensi dapat membantu Anda dalam penulisan daftar pustaka dari web. Beberapa perangkat lunak referensi yang sering digunakan adalah Mendeley atau Zotero. Dengan menggunakan perangkat lunak referensi, Anda dapat dengan mudah mengatur dan mengelola sumber referensi yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Web

Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka dari web dengan gaya Chicago:

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Indonesia. Diakses pada 1 Januari 2023, dari https://www.bps.go.id/

Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka dari web dengan gaya APA:

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Indonesia. Diakses pada 1 Januari 2023, dari https://www.bps.go.id/

Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka dari web dengan gaya MLA:

Badan Pusat Statistik. Statistik Indonesia. 2022, https://www.bps.go.id/. Diakses pada 1 Januari 2023.

Kesimpulan

Penulisan daftar pustaka dari web merupakan hal yang penting dalam penulisan karya ilmiah. Pastikan sumber yang digunakan mempunyai kredibilitas yang tinggi dan informasi yang dicantumkan lengkap. Gunakan gaya penulisan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dan gunakan perangkat lunak referensi untuk memudahkan pengelolaan sumber referensi.