Cara Pasang Captcha Di Website

Hybrid.co.id Cara Pasang Captcha di Halaman Login dan Register Blog

Apa itu Captcha?

Captcha adalah kependekan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Secara sederhana, Captcha adalah tes keamanan yang digunakan untuk memastikan bahwa yang mengakses website adalah manusia, bukan bot atau program komputer.

Mengapa Captcha Penting?

Captcha sangat penting untuk melindungi website dari serangan spam, robot, dan program komputer yang mencoba mengakses website dengan cara tidak sah. Dengan memasang Captcha, website akan lebih aman dan terhindar dari serangan yang merugikan.

Cara Pasang Captcha di Website

Ada banyak cara untuk memasang Captcha di website, salah satunya adalah dengan menggunakan layanan Captcha dari Google. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buat Akun Google

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Google. Jika sudah memiliki akun Google, langkah ini bisa dilewati.

2. Buat API Key

Setelah memiliki akun Google, buat API key di Google reCAPTCHA. API key ini digunakan untuk menghubungkan Captcha dengan website Anda.

3. Pasang Captcha di Website

Setelah memiliki API key, pasang Captcha di website Anda. Captcha bisa dipasang di halaman login, formulir kontak, atau halaman lain yang memerlukan validasi pengguna.

4. Konfigurasi Captcha

Setelah Captcha terpasang, konfigurasikan Captcha sesuai dengan kebutuhan website Anda. Konfigurasi meliputi memilih tema Captcha, menentukan ukuran Captcha, dan memilih bahasa yang digunakan.

Penutup

Menggunakan Captcha sangat penting untuk melindungi website dari serangan yang merugikan. Dengan memasang Captcha, website akan lebih aman dan terhindar dari spam, robot, dan program komputer yang mencoba mengakses website dengan cara tidak sah. Jadi, jangan lupa untuk memasang Captcha di website Anda!