Cara Migrasi WordPress Ke Hosting

Cara Migrasi WordPress ke Cloudways Gatya Gumilang

Pengenalan

Migrasi website memang bisa menjadi pekerjaan yang menantang, terutama jika Anda masih baru dalam dunia website. Namun, ketika datang ke migrasi WordPress ke hosting, prosesnya bisa cukup sederhana. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa langkah mudah untuk melakukan migrasi WordPress ke hosting.

Backup Website Anda

Sebelum Anda memulai proses migrasi, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki backup dari website Anda. Backup akan membantu Anda menghemat waktu dan upaya jika terjadi masalah selama proses migrasi. Anda bisa menggunakan plugin WordPress seperti UpdraftPlus untuk melakukan backup.

Pindahkan File dan Database

Langkah selanjutnya adalah memindahkan file dan database WordPress Anda ke hosting baru. Untuk memindahkan file, Anda bisa menggunakan FTP (File Transfer Protocol) atau menggunakan fitur file manager di cPanel hosting Anda. Untuk memindahkan database, Anda bisa menggunakan plugin seperti WP Migrate DB.

Ubah Konfigurasi WordPress Anda

Setelah Anda berhasil memindahkan file dan database WordPress Anda, Anda perlu mengubah konfigurasi WordPress Anda agar sesuai dengan hosting baru Anda. Anda bisa mengubah file wp-config.php dan mengganti pengaturan database dengan yang baru.

Perbarui URL Website Anda

Setelah mengubah konfigurasi WordPress Anda, Anda perlu memperbarui URL website Anda agar sesuai dengan domain baru Anda. Anda bisa melakukannya dengan mengedit pengaturan URL di pengaturan WordPress Anda atau dengan menggunakan plugin seperti Velvet Blues Update URLs.

Uji Website Anda

Setelah memperbarui URL website Anda, pastikan untuk menguji website Anda dan memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik. Cek halaman utama, halaman kontak, halaman produk, dan pastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik.

Perbarui DNS Anda

Setelah memastikan bahwa website Anda berfungsi dengan baik di hosting baru, Anda perlu memperbarui DNS Anda agar domain Anda menunjuk ke hosting baru Anda. Anda bisa melakukannya dengan mengubah pengaturan DNS di panel kontrol domain Anda.

Redirect Traffic Lama ke Website Baru

Setelah memperbarui DNS Anda, pastikan untuk mengatur redirect traffic dari domain lama Anda ke domain baru Anda. Anda bisa melakukannya dengan mengedit file .htaccess atau menggunakan plugin seperti Redirection.

Perbarui Sitemap Anda

Setelah migrasi selesai, pastikan untuk memperbarui sitemap Anda agar mesin pencari dapat menemukan halaman Anda dengan mudah. Anda bisa menggunakan plugin seperti Yoast SEO untuk membuat sitemap.

Uji Website Anda Kembali

Setelah semua proses migrasi selesai, pastikan untuk menguji website Anda sekali lagi dan memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik. Cek halaman utama, halaman kontak, halaman produk, dan pastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Migrasi WordPress ke hosting bisa menjadi proses yang menantang, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat melakukan migrasi dengan mudah dan aman. Jangan lupa untuk selalu membuat backup dan menguji website Anda setiap kali melakukan perubahan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!