Cara Migrasi Website Ke Hosting Baru

MUDAH .!! Cara Migrasi Website Dari Hosting Lama ke Hosting Baru Super

Pendahuluan

Migrasi website ke hosting baru merupakan proses yang penting bagi pemilik website. Hal ini bisa dilakukan karena alasan berbagai macam, seperti meningkatkan keamanan, performa, dan fitur pada website. Namun, proses migrasi website bisa menjadi rumit dan memakan waktu jika tidak dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan cara migrasi website ke hosting baru dengan mudah dan aman.

Persiapan

Sebelum melakukan migrasi, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Pertama, pastikan untuk melakukan backup seluruh data website, termasuk database dan file-file penting. Kedua, pastikan untuk memastikan bahwa hosting baru sudah memenuhi semua kebutuhan website, seperti kapasitas penyimpanan dan kecepatan akses. Ketiga, pastikan untuk mengetahui informasi login dan akses ke hosting baru.

Migrasi Website

Langkah pertama dalam migrasi website adalah mengunggah seluruh data website ke hosting baru. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan FTP (File Transfer Protocol) atau melalui fitur yang disediakan oleh hosting baru. Pastikan untuk mengunggah seluruh file dan folder dengan benar dan tidak ada yang tertinggal. Setelah itu, buat database baru di hosting baru dan import seluruh data dari database lama. Pastikan untuk mengatur pengaturan database yang tepat, seperti nama database, username, dan password. Setelah itu, ubah pengaturan website untuk mengarahkan ke database baru.

Testing dan Verifikasi

Setelah selesai migrasi website, pastikan untuk melakukan testing dan verifikasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa website berfungsi dengan baik dan tidak ada kesalahan yang terjadi. Lakukan testing pada seluruh fitur dan halaman website, termasuk formulir kontak dan fitur e-commerce.

Pindahkan DNS

Setelah semua testing selesai dan website berfungsi dengan baik, langkah terakhir adalah memindahkan DNS. Hal ini dilakukan agar website dapat diakses dengan menggunakan domain yang sama seperti sebelum migrasi. Untuk memindahkan DNS, pastikan untuk mengikuti instruksi yang diberikan oleh penyedia domain.

Kesimpulan

Migrasi website ke hosting baru bisa menjadi proses yang rumit dan memakan waktu jika tidak dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan persiapan dengan baik, mengunggah seluruh data website dengan benar, melakukan testing dan verifikasi, serta memindahkan DNS dengan tepat. Dengan melakukan semua langkah tersebut, migrasi website bisa dilakukan dengan mudah dan aman.