Cara Menulis Website Di Daftar Pustaka

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal, Website, Skripsi

Pengenalan

Daftar pustaka adalah daftar referensi yang digunakan untuk mendukung penulisan sebuah karya ilmiah seperti skripsi, tesis, atau disertasi. Pada umumnya, daftar pustaka terdiri dari buku, jurnal, artikel, dan website yang relevan dengan topik penulisan. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menulis website di daftar pustaka.

Pentingnya Menyertakan Website di Daftar Pustaka

Dalam era digital seperti sekarang, website menjadi sumber informasi yang sangat penting. Oleh karena itu, menambahkan website yang relevan dan terpercaya dalam daftar pustaka akan meningkatkan kualitas dan keakuratan penulisan. Selain itu, dengan menyertakan website dalam daftar pustaka, pembaca juga dapat membaca lebih lanjut tentang topik yang dibahas.

Cara Menulis Website di Daftar Pustaka

1. Tentukan Jenis Website

Sebelum menulis website di daftar pustaka, pastikan untuk menentukan jenis website tersebut. Apakah itu sebuah blog, jurnal online, atau situs web resmi suatu organisasi. Hal ini akan membantu dalam menentukan format penulisan yang tepat.

2. Tuliskan Nama Pengarang atau Penerbit

Setelah menentukan jenis website, tuliskan nama pengarang atau penerbit. Jika tidak ada nama pengarang yang tercantum, gunakan nama organisasi atau institusi yang terkait dengan website tersebut.

3. Cantumkan Judul Artikel atau Halaman

Selanjutnya, cantumkan judul artikel atau halaman yang relevan dengan topik penulisan. Pastikan untuk menuliskan judul artikel atau halaman dengan benar dan lengkap.

4. Tuliskan Tanggal Akses

Tuliskan tanggal akses ketika Anda mengunjungi website tersebut. Hal ini penting untuk menunjukkan bahwa informasi yang digunakan dalam penulisan berasal dari sumber yang terpercaya.

5. Cantumkan URL Website

Terakhir, cantumkan URL website sehingga pembaca dapat mengakses sumber informasi tersebut. Pastikan untuk menuliskan URL dengan benar dan lengkap, tanpa ada kesalahan penulisan atau penghapusan.

Contoh Penulisan Website di Daftar Pustaka

Berikut ini adalah contoh penulisan website di daftar pustaka:

Susanto, A. (2022). Tips Menulis Website untuk Pemula. Diakses pada 1 Februari 2023, dari https://www.contohwebsite.com/tips-menulis-website-untuk-pemula

Kesimpulan

Menyertakan website dalam daftar pustaka sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan keakuratan penulisan. Dalam menulis website di daftar pustaka, pastikan untuk menentukan jenis website, menuliskan nama pengarang atau penerbit, judul artikel atau halaman, tanggal akses, dan URL website dengan benar dan lengkap. Dengan demikian, pembaca dapat memahami sumber informasi yang digunakan dalam penulisan dan mengevaluasi keakuratan informasi tersebut.