Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Web

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal, Website, Skripsi

Pendahuluan

Membuat daftar pustaka atau referensi dari sebuah karya tulis sangat penting untuk menunjukkan sumber informasi yang digunakan. Dalam era digital seperti sekarang ini, sumber informasi yang banyak digunakan adalah dari web atau situs internet. Namun, tidak semua orang tahu cara menulis daftar pustaka dari web dengan benar. Pada artikel ini, saya akan membahas cara menulis daftar pustaka dari web dengan mudah dan benar.

Pengertian Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah daftar sumber informasi yang digunakan dalam sebuah karya tulis. Daftar pustaka dapat digunakan untuk menunjukkan sumber referensi yang digunakan sehingga pembaca dapat mengetahui keaslian dan kevalidan informasi yang disajikan.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Web

1. Identifikasi Sumber Informasi Sumber informasi yang digunakan harus diidentifikasi dengan benar seperti penulis, judul artikel, nama situs web, tautan atau URL, dan tanggal akses. 2. Susun Daftar Pustaka Susun daftar pustaka sesuai dengan urutan abjad berdasarkan nama penulis. 3. Format Penulisan Format penulisan daftar pustaka dapat disesuaikan dengan gaya penulisan yang digunakan seperti APA, MLA, atau Harvard. 4. Contoh Penulisan Berikut ini adalah contoh penulisan daftar pustaka dari web menggunakan format APA: Nama Penulis. (Tanggal Publikasi). Judul Artikel. Nama Situs Web. Tautan atau URL. Contoh: Jhon, D. (2023, 20 Januari). Cara Menulis Daftar Pustaka dari Web. Blog Pembelajaran. https://www.blogpembelajaran.com/cara-menulis-daftar-pustaka-dari-web.

Kesimpulan

Menulis daftar pustaka dari web memang terlihat sederhana, tetapi memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Hal ini dilakukan agar informasi yang disajikan dapat dipertanggungjawabkan dan dianggap valid. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, diharapkan dapat membantu Anda dalam menulis daftar pustaka dari web dengan benar dan mudah dipahami.