Cara Menghubungkan Database Dengan Web

Tutorial Crud Php Mysqli Dengan Bootstrap Membuat Koneksi Database

Pengenalan

Dalam pengembangan website, salah satu hal yang sangat penting adalah menghubungkan website dengan database. Hal ini diperlukan agar website dapat menyimpan, mengambil, dan memanipulasi data dengan mudah. Ada banyak jenis database yang dapat digunakan, seperti MySQL, PostgreSQL, MongoDB, dan lain-lain. Namun, pada artikel ini, kita akan membahas cara menghubungkan database MySQL dengan web.

Langkah Pertama: Instalasi Database MySQL

Langkah pertama dalam menghubungkan database dengan web adalah dengan menginstal database itu sendiri. Untuk database MySQL, kita dapat mengunduhnya dari situs resmi MySQL, kemudian mengikuti instruksi instalasi yang diberikan. Setelah selesai menginstal database, pastikan untuk mengaktifkan servis database tersebut agar dapat diakses dari web.

Langkah Kedua: Membuat Koneksi ke Database

Setelah menginstal database MySQL, kita perlu membuat koneksi antara database dengan web. Koneksi ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP, Python, atau Ruby. Pada contoh kali ini, kita akan menggunakan PHP untuk membuat koneksi tersebut.

Membuat File Koneksi

Pertama, buat file baru dengan nama koneksi.php dan masukkan kode berikut: “`php “` Kode di atas akan membuat koneksi ke database MySQL dengan menggunakan host, username, password, dan nama database yang sudah diatur sebelumnya. Jika koneksi gagal, maka program akan menghasilkan pesan error.

Menggunakan Koneksi

Setelah file koneksi.php dibuat, kita dapat menggunakannya di dalam file PHP lainnya. Untuk menggunakan koneksi tersebut, tambahkan kode berikut di dalam file PHP: “`php “` Kode di atas akan memasukkan file koneksi.php ke dalam file PHP lainnya dan membuat variabel $koneksi yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan database.

Langkah Ketiga: Berinteraksi dengan Database

Setelah koneksi ke database berhasil dibuat, kita dapat mulai berinteraksi dengan database. Berikut adalah beberapa contoh operasi yang dapat dilakukan:

Menambah Data

“`php ” . mysqli_error($koneksi); } mysqli_close($koneksi); ?> “` Kode di atas akan menambahkan data ke dalam tabel dengan kolom1, kolom2, dan kolom3 dengan nilai yang telah ditentukan.

Mengambil Data

“`php 0) { while($row = mysqli_fetch_assoc($result)) { echo “Kolom1: ” . $row[“kolom1″]. ” – Kolom2: ” . $row[“kolom2″]. ” – Kolom3: ” . $row[“kolom3”]. “
“; } } else { echo “Tidak ada data”; } mysqli_close($koneksi); ?> “` Kode di atas akan mengambil semua data yang ada di tabel dan menampilkannya di dalam browser.

Memperbarui Data

“`php ” . mysqli_error($koneksi); } mysqli_close($koneksi); ?> “` Kode di atas akan memperbarui data yang ada di dalam tabel dengan id=1.

Menghapus Data

“`php ” . mysqli_error($koneksi); } mysqli_close($koneksi); ?> “` Kode di atas akan menghapus data yang ada di dalam tabel dengan id=1.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara menghubungkan database MySQL dengan web menggunakan PHP. Kita telah belajar tentang cara membuat koneksi ke database, berinteraksi dengan database, dan melakukan operasi seperti menambah, mengambil, memperbarui, dan menghapus data. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan website yang lebih interaktif dan dinamis.