Cara Menghosting Web Dari Localhost Gratis

TUTORIAL CARA MENGHOSTING WEBSITE YouTube

Apa itu Hosting?

Sebelum membahas tentang cara menghosting web dari localhost gratis, terlebih dahulu kita harus memahami apa itu hosting. Hosting adalah sebuah layanan untuk menyimpan dan mengelola berbagai jenis file dan data website di server yang terhubung dengan internet. Dalam hosting, terdapat beberapa jenis seperti shared hosting, VPS hosting dan dedicated hosting.

Kenapa Perlu Hosting?

Hosting sangat penting untuk menjalankan sebuah website. Tanpa hosting, website tidak akan bisa diakses secara online. Hosting juga memungkinkan website untuk memiliki alamat internet yang unik dan mudah diakses oleh pengguna dari seluruh dunia.

Apakah Bisa Menghosting Web dari Localhost Gratis?

Ya, bisa! Ada beberapa cara menghosting web dari localhost secara gratis. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara hosting web dari localhost menggunakan XAMPP.

Langkah 1: Install XAMPP

XAMPP adalah sebuah software yang membantu kamu dalam membuat server lokal pada komputer kamu. Kamu bisa mendownload dan menginstall software XAMPP secara gratis dari website resminya. Setelah itu, kamu bisa melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Langkah 2: Persiapan File Website

Setelah XAMPP terinstall, kamu harus mempersiapkan file website yang ingin kamu host. File-file tersebut harus diletakkan di dalam folder htdocs, yang biasanya berada di dalam direktori instalasi XAMPP.

Langkah 3: Konfigurasi XAMPP

Setelah file website kamu siap, kamu harus mengkonfigurasi XAMPP agar bisa menjalankan website tersebut. Kamu harus membuka panel kontrol XAMPP dan memastikan Apache dan MySQL sudah berjalan dengan baik. Jika belum, kamu bisa memperbaikinya dengan mengklik tombol “Start”.

Langkah 4: Akses Website dari Localhost

Setelah konfigurasi selesai, kamu bisa mengakses website kamu dari localhost dengan memasukkan alamat “localhost/nama_folder_file_website_kamu” di browser kamu. Jika website kamu muncul dengan baik, itu artinya kamu telah berhasil menghosting web dari localhost secara gratis.

Tips Menghosting Web dari Localhost secara Gratis

– Pastikan file website kamu diletakkan di dalam folder htdocs. – Periksa kembali konfigurasi XAMPP agar tidak ada error. – Jangan lupa untuk backup file website kamu secara berkala. – Gunakan password yang kuat untuk mengamankan website kamu.

Kesimpulan

Hosting sangat penting untuk menjalankan sebuah website. Ada beberapa cara menghosting web dari localhost secara gratis, salah satunya dengan menggunakan XAMPP. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa menghosting web dari localhost secara gratis dan mudah.