Cara Mengecek Responsifitas Website Di Chrome

How To Check Responsive Website In Chrome Shortcut Key Listten

Apa Itu Responsifitas Website?

Sebelum membahas cara untuk mengecek responsifitas website di Chrome, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu responsifitas website. Responsifitas website adalah kemampuan sebuah website untuk menyesuaikan tampilannya dengan baik pada berbagai jenis perangkat, seperti desktop, laptop, tablet, atau smartphone.

Mengapa Responsifitas Website Penting?

Responsifitas website sangat penting karena semakin banyak orang yang menggunakan smartphone untuk mengakses internet. Jika website tidak responsif, maka pengunjung yang mengakses website melalui smartphone akan mengalami kesulitan dalam membaca dan menavigasi website. Hal ini dapat menyebabkan pengunjung meninggalkan website dan beralih ke website yang lebih mudah digunakan.

Cara Mengecek Responsifitas Website di Chrome

Berikut adalah cara untuk mengecek responsifitas website di Chrome:

1. Buka Chrome DevTools

Pertama, buka website yang ingin diperiksa responsifitasnya di Chrome. Kemudian, klik kanan pada website dan pilih “Inspect” atau tekan tombol F12 pada keyboard untuk membuka Chrome DevTools.

2. Aktifkan Mode Responsif

Setelah Chrome DevTools terbuka, klik ikon “Toggle Device Toolbar” atau tekan tombol Ctrl+Shift+M pada keyboard untuk mengaktifkan mode responsif.

3. Pilih Perangkat

Setelah mode responsif diaktifkan, pilih perangkat yang ingin digunakan untuk mengecek responsifitas website, seperti iPhone, iPad, atau Galaxy S5.

4. Periksa Responsifitas Website

Setelah perangkat dipilih, periksa tampilan website pada mode responsif. Pastikan semua elemen website dapat ditampilkan dengan baik pada perangkat yang dipilih.

Kesimpulan

Mengecek responsifitas website di Chrome sangatlah mudah dan penting dilakukan untuk memastikan website dapat diakses dengan baik pada berbagai jenis perangkat. Dengan mengetahui cara mengecek responsifitas website di Chrome, kita dapat memperbaiki tampilan website agar lebih responsif dan mudah digunakan oleh pengunjung.