Cara Membuat Website Di WordPress

Cara Buat Website Online Shop dengan WordPress (part 1) waskhas

Mengapa WordPress?

WordPress adalah platform website yang paling populer di dunia, digunakan oleh lebih dari 40% dari seluruh website di internet. WordPress sangat fleksibel dan mudah digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun.

Mendaftar untuk WordPress

Untuk mulai membuat website di WordPress, Anda perlu mendaftar untuk akun. Pergi ke situs web WordPress dan klik “Mulai”. Isi formulir pendaftaran dan klik “Daftar Sekarang”.

Membeli Domain dan Hosting

Untuk membuat website, Anda juga memerlukan nama domain dan hosting. Nama domain adalah alamat website Anda, sedangkan hosting adalah ruang di server internet di mana website Anda akan di-hosting. Anda dapat membeli domain dan hosting dari banyak penyedia layanan hosting.

Instalasi WordPress

Setelah Anda membeli domain dan hosting, Anda perlu menginstal WordPress di hosting Anda. Banyak penyedia hosting menawarkan instalasi WordPress otomatis yang mudah dilakukan. Jika tidak, Anda dapat menginstal WordPress secara manual dengan mengikuti instruksi di situs web WordPress.

Pilih Tema

Setelah menginstal WordPress, langkah berikutnya adalah memilih tema untuk website Anda. Tema adalah tampilan visual dari website Anda. Anda dapat memilih dari ribuan tema gratis atau berbayar di situs web WordPress.

Tambahkan Konten

Setelah memilih tema, Anda dapat mulai menambahkan konten ke website Anda. Ini bisa berupa teks, gambar, video, atau audio. Pastikan konten Anda relevan dan menarik bagi pengunjung website Anda.

Instal Plugin

Plugin adalah alat yang memungkinkan Anda menambahkan fitur dan fungsionalitas ke website Anda. Ada ribuan plugin gratis dan berbayar di situs web WordPress. Beberapa plugin yang berguna termasuk plugin SEO, plugin keamanan, dan plugin formulir kontak.

Promosikan Website Anda

Setelah website Anda siap, langkah terakhir adalah mempromosikan website Anda. Anda dapat menggunakan media sosial, iklan online, atau SEO untuk meningkatkan visibilitas website Anda. Pastikan untuk membagikan konten Anda secara teratur dan berinteraksi dengan pengunjung website Anda.

Menjaga Website Anda

Setelah website Anda online, pastikan untuk menjaganya dengan melakukan pembaruan dan memperbaiki kesalahan. Jangan lupa untuk melakukan backup website secara teratur untuk menghindari kehilangan data.

Kesimpulan

Membuat website di WordPress adalah mudah dan murah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat website yang menarik dan efektif untuk bisnis atau kepentingan pribadi Anda.