Cara Membuat Web Menggunakan Codeigniter

Cara Membuat Website Menggunakan CodeIgniter Lengkap TeknoWebApp

Pengenalan

CodeIgniter adalah salah satu framework PHP terkenal yang digunakan untuk membangun situs web dan aplikasi web. Framework ini dikembangkan oleh EllisLab dan sekarang dikelola oleh British Columbia Institute of Technology. CodeIgniter menyediakan cara mudah untuk membangun aplikasi web dengan cepat dan efisien. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat web menggunakan CodeIgniter.

Langkah-langkah

1. Instalasi

Langkah pertama dalam membuat web menggunakan CodeIgniter adalah dengan mengunduh dan menginstal framework ini. Anda dapat mengunduhnya dari situs web resmi CodeIgniter. Setelah itu, ekstrak file yang sudah diunduh dan letakkan di folder root server.

2. Konfigurasi

Setelah instalasi selesai, Anda perlu mengkonfigurasi framework ini. Buka file config.php dan database.php di folder application/config dan sesuaikan pengaturannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga dapat menambahkan pengaturan khusus di file config.php untuk mengatur URL dan pengaturan lainnya.

3. Membuat Controller

Setelah mengkonfigurasi framework, langkah berikutnya adalah membuat controller. Controller adalah bagian dari aplikasi yang bertanggung jawab untuk mengatur permintaan pengguna dan menentukan tindakan apa yang harus dilakukan. Buat file baru di folder application/controllers dan beri nama sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Membuat Model

Setelah membuat controller, langkah selanjutnya adalah membuat model. Model adalah bagian dari aplikasi yang bertanggung jawab untuk mengelola data dan interaksi dengan database. Buat file baru di folder application/models dan beri nama sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Membuat View

Setelah membuat model, langkah berikutnya adalah membuat view. View adalah bagian dari aplikasi yang bertanggung jawab untuk menampilkan data dan interaksi dengan pengguna. Buat file baru di folder application/views dan beri nama sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Menghubungkan Controller, Model, dan View

Langkah terakhir adalah menghubungkan controller, model, dan view. Buka file controller yang sudah dibuat dan tambahkan fungsi yang menghubungkan controller dengan model dan view. Kemudian, buka file model dan tambahkan fungsi untuk mengambil data dari database. Terakhir, buka file view dan tambahkan kode HTML dan PHP untuk menampilkan data.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat web menggunakan CodeIgniter. Langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas akan membantu Anda untuk memahami dasar-dasar framework ini dan membangun aplikasi web dengan cepat dan efisien. Selamat mencoba!