Home Digital Cara Membuat Undangan Digital Tanpa Keluar Biaya Banyak

Cara Membuat Undangan Digital Tanpa Keluar Biaya Banyak

Pernikahan adalah hal yang sakral bagi kebanyakan dari kita. Tentunya ini merupakan momen yang ‘tidak boleh’ salah karena memang sekali se-umur hidup. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh calon pengantin, selain gedung, catering dan lainnya, yaitu adalah dengan membuat undangan.

Lembar undangan pernikahan adalah suatu ke-khasan dalam masyarakat untuk memberitahu mengenai jadwal, tempat, dan sejumlah informasi lainnya mengenai acara walimah pernikahan yang akan dilaksanakan. Di era digital ini, salah satu cara untuk membuat undangan pernikahan adalah dengan membuat sebuah undangan digital.

Undangan Digital adalah sejenis kartu undangan virtual yang memanfaatkan media digital sebagai penyebarannya. Berbeda dengan kartu undangan pada umumnya, di mana penyampaiannya menggunakan jasa kurir secara fisik, undangan digital memanfaatkan beberapa aplikasi diantaranya adalah software yang berada dalam rumpun invitation maker.

Pernikahan Digital

Undangan digital tidak selalu identik dengan pernikahan digital atau sejenisnya. Istilah pernikahan digital lebih ditekankan pada lokasi pernikahan yang tidak sama dengan undangan di mana pengantin dan undangan kemungkinan tidak berada dalam lokasi yang sama. Adapun undangan pernikahan digital lebih ditekankan mengenai penggantian bentuk fisik kartu undangan yang biasa diganti dengan sejenis kartu digital yang dibuat oleh software card maker atau sejenisnya.

Agar lebih hemat dalam biaya pernikahan Anda, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi yang tersedia secara gratis di Google Play store untuk Android. Ada banyak aplikasi yang memiliki efek dan kemudahan dalam hal mengedit juga memiliki fitur yang sesuai dan nggak bikin pembuatnya merasa bingung.

Anda juga bisa coba beberapa format yang dihasilkan dari aplikasi undangan digital namun tetap pastikan Anda menggunakan saplikasi dengan versi terbaru sehingga Anda dapat menghasilkan desain undangan yang terbaik untuk pesta pernikahan Anda.

Invitation Maker

Aplikasi undangan pernikahan dengan jenis invitation maker pada umumnya tidak hanya menyediakan jenis undangan dari berbagai template saja namun juga menyediakan juga platform untuk menyebarluaskan undangan tersebut.

Pada beberapa aplikasi penyedia undangan digital, jika Anda tidak melakukan pembelian aplikasi tersebut secara penuh maka pada umumnya akan terdapat sebuah watermark dengan tanda ‘maker by’ yang diikuti oleh nama software invitation card maker tersebut.

Perlu diingat bahwa mengundang itu tidak hanya sekedar memberi tahu orang-orang, tapi juga memberikan kesan ‘greetings’ terlebih bila individu yang Anda undang adalah orang yang Anda hormati.

Desain Undangan

Cara lain untuk membuat undangan digital atau undangan pernikahan digital adalah dengan menyewa desainer yang terdapat di fiverr.com atau sejenis marketplace lokal yang mungkin saja ada di tokopedia atau bukalapak. Umumnya mereka ini adalah desainer grafis, hanya saja Anda dapat meng-custom dengan hanya meminta file desainnya saja tanpa harus mengambil paket pencetakan.

Alternatif lain yang bisa Anda ambil selain cara membuat undangan digital di atas adalah dengan mengambil desain di website canva.com yang juga menyediakan desain dan template undangan. Untuk mencari cara membuat undangan digital di canva.com akan kami jelaskan di posting kami yang lainnya atau nanti kamu buatkan video-nya jika Anda berminat.

Aplikasi Undangan Pernikahan Digital

Software ini umumnya juga digunakan sebagai salah satu cara membuat undangan digital yang banyak digunakan oleh para desainer untuk membuat undangan pernikahan. Walaupun sebenarnya software ini untuk membuat undangan pernikahan sederhana saja tapi dengan sedikit trik Anda membuatnya menjadi sebuah desain wedding invitation yang menarik untuk dapat dibagikan dengan mudah ke banyak orang.

Konten yang disediakan oleh aplikasi dapat berupa gambar, teks, dan juga video. Ada banyak pilihan template yang dapat dengan mudah Anda gunakan untuk membuat sebuah invitation card dengan beragam pilihan font yang dapat langsung Anda ambil di aplikasi desain undangan yang Anda gunakan.

Kesimpulan

Pilih aplikasiyang memiliki sejumlah kemudahan dalam desain dan banyaknya pilihan untuk digunakan dalam cards yang akan Anda buat. Undangan pernikahan digital yang baik adalah undangan yang dapat dengan mudah dibaca di-lintas platform baik di desktop maupun di telpon selular.

Pastikan juga sofware yang Anda gunakan tidak memilki watermark ‘maker by’ yang umumnya ada di software trial. Anda bisa saja menghapus ‘maker by’ ini dengan menggunakan software aplikasi grafis, namun tentunya ini akan menambahkan jumlah kerjaan Anda dalam mendesain wedding invitation yang Anda harapkan.

Pilih selalu aplikasi yang Anda anggap paling mudah digunakan. Jangan gunakan aplikasi invitation card maker yang terlalu rumit jika Anda memang hanya membutuhkan aplikasi sederhana yang sudah memenuhi kebutuhan Anda. Menggunakan aplikasi undangan digital akan sangat menghemat biaya Anda dalam pernikahan yang akan Anda langsungkan dibanding Anda mencari creator dan memilih desain yang mungkin saja harus diulang ulang jika tidak sesuai keinginan.

Di lain kesempatan kami akan melakukan beberapa review terhadap aplikasi-aplikasi undangan pernikahan. Sayangnya tanggal cantik di bulan Februari ini sudah lewat tadi tidak ada salahnya memang Anda mencoba aplikasi-aplikasi ini siapa tahu dengan mempelajari aplikasi ini Anda beneran bisa menjadi desainer aplikasi kartu undangan digital. Silakan share jika artikel ini bermanfaat.