Cara Membuat Subdomain Pada Hosting

Cara Membuat Subdomain di Hosting dari WIX

Pengertian Subdomain

Sebelum membahas cara membuat subdomain pada hosting, terlebih dahulu kita harus memahami apa itu subdomain. Subdomain adalah bagian dari sebuah domain utama yang berdiri sendiri dan dapat diakses secara terpisah dengan menggunakan nama domain yang berbeda.

Mengapa Membuat Subdomain?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin membuat subdomain pada hosting, di antaranya:

  • Mempermudah pengelolaan website
  • Memperluas cakupan bisnis
  • Memudahkan pengunjung untuk mencari informasi yang spesifik

Cara Membuat Subdomain pada Hosting

Untuk membuat subdomain pada hosting, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Login ke Akun Hosting

Pertama-tama, login ke akun hosting Anda dan cari menu “Subdomain”. Biasanya, menu ini dapat ditemukan di bagian “Domain Management” atau “Domain Control Panel”.

2. Buat Subdomain Baru

Setelah masuk ke menu “Subdomain”, klik tombol “Create Subdomain” atau “Add Subdomain”. Kemudian, isikan nama subdomain yang diinginkan dan pilih domain utama yang akan digunakan. Misalnya, jika domain utama Anda adalah “example.com”, dan Anda ingin membuat subdomain “blog”, maka subdomain Anda akan menjadi “blog.example.com”.

3. Konfigurasi DNS

Setelah membuat subdomain baru, Anda perlu mengkonfigurasi DNS agar subdomain dapat diakses. Biasanya, hosting provider akan memberikan informasi tentang konfigurasi DNS yang perlu dilakukan. Anda bisa menghubungi customer service hosting provider jika ada kesulitan dalam mengkonfigurasi DNS.

4. Upload Konten ke Subdomain

Setelah subdomain berhasil dibuat dan dikonfigurasi, Anda dapat mengupload konten ke subdomain tersebut. Misalnya, jika Anda ingin membuat subdomain “blog.example.com” untuk blog Anda, maka uploadlah konten blog Anda ke subdomain tersebut.

Kesimpulan

Membuat subdomain pada hosting dapat membantu mempermudah pengelolaan website, memperluas cakupan bisnis, dan memudahkan pengunjung untuk mencari informasi yang spesifik. Untuk membuat subdomain, Anda perlu login ke akun hosting, membuat subdomain baru, mengkonfigurasi DNS, dan mengupload konten ke subdomain tersebut.