Cara Membuat Live Chat Pada Website

Cara Buat Live Chat Kumpulan Tips

Pengenalan

Saat ini, live chat pada website menjadi salah satu fitur yang sangat penting bagi setiap bisnis online. Dengan adanya live chat, pelanggan dapat dengan mudah berkomunikasi dengan tim customer service dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka dalam waktu yang singkat. Selain itu, live chat juga dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda.

Langkah 1: Pilih Platform Live Chat

Langkah pertama untuk membuat live chat pada website adalah dengan memilih platform live chat yang akan digunakan. Ada banyak platform live chat yang tersedia, seperti LiveChat, Tawk.to, dan Zendesk. Pastikan untuk memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Langkah 2: Daftar dan Buat Akun

Setelah memilih platform live chat yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah mendaftar dan membuat akun. Biasanya, platform live chat akan meminta informasi dasar seperti nama bisnis, alamat email, dan password.

Langkah 3: Integrasi Live Chat pada Website

Setelah membuat akun, langkah selanjutnya adalah mengintegrasikan live chat pada website. Biasanya, platform live chat akan memberikan kode embed yang harus ditempatkan pada website Anda. Pastikan kode embed tersebut diletakkan pada setiap halaman website Anda.

Langkah 4: Konfigurasi Live Chat

Setelah mengintegrasikan live chat pada website, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi live chat. Pastikan untuk mengatur pesan selamat datang, waktu kerja customer service, dan bahasa yang digunakan pada live chat.

Langkah 5: Pelatihan Customer Service

Setelah melakukan konfigurasi live chat, langkah selanjutnya adalah melatih tim customer service untuk menggunakan live chat. Pastikan untuk memberikan pelatihan mengenai cara menggunakan platform live chat, cara menangani pertanyaan pelanggan, dan bahasa yang harus digunakan.

Keuntungan Menggunakan Live Chat

Dengan menggunakan live chat pada website, bisnis Anda dapat mendapatkan banyak keuntungan. Pertama, live chat dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda. Kedua, live chat dapat meningkatkan tingkat konversi karena pelanggan dapat langsung berkomunikasi dengan tim customer service. Ketiga, live chat dapat mempercepat respon terhadap pertanyaan pelanggan.

Pentingnya Menjaga Kualitas Live Chat

Meskipun live chat dapat memberikan banyak keuntungan bagi bisnis Anda, pastikan untuk menjaga kualitas live chat. Pastikan untuk memberikan respon yang cepat dan akurat terhadap pertanyaan pelanggan. Selain itu, pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan profesional dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

Kesimpulan

Live chat merupakan fitur yang sangat penting bagi setiap bisnis online. Dengan menggunakan live chat, bisnis Anda dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan, meningkatkan tingkat konversi, dan mempercepat respon terhadap pertanyaan pelanggan. Pastikan untuk memilih platform live chat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan menjaga kualitas live chat dengan memberikan respon yang cepat dan akurat serta menggunakan bahasa yang sopan dan profesional.