Cara Membuat Daftar Pustaka Di Word Dari Website

Bagaimana Cara Membuat Daftar Pustaka

Pendahuluan

Membuat daftar pustaka merupakan hal yang penting dalam penulisan karya ilmiah. Daftar pustaka digunakan untuk menunjukkan sumber referensi yang digunakan penulis dalam penulisan karya ilmiah. Salah satu cara membuat daftar pustaka adalah dengan mengambil sumber dari website. Artikel ini akan membahas cara membuat daftar pustaka di Word dari website.

Step-by-Step

1. Mengumpulkan Sumber Referensi

Langkah pertama dalam membuat daftar pustaka adalah dengan mengumpulkan sumber referensi. Sumber referensi dapat ditemukan di berbagai website seperti jurnal online, buku online, dan artikel online. Pastikan sumber referensi yang diambil relevan dengan topik penulisan karya ilmiah.

2. Menyimpan Sumber Referensi

Setelah mengumpulkan sumber referensi, simpan sumber referensi tersebut di folder khusus. Simpan sumber referensi dengan format yang sama agar mudah dalam penggunaannya. Format yang umum digunakan adalah format APA, MLA, dan Chicago.

3. Menambahkan Sumber Referensi ke Word

Setelah menyimpan sumber referensi, selanjutnya adalah menambahkan sumber referensi tersebut ke Word. Caranya dengan memilih menu “Referensi” pada tab menu di Word. Kemudian pilih “Daftar Pustaka” dan pilih jenis gaya penulisan yang digunakan.

4. Menambahkan Sumber Referensi dari Website ke Word

Untuk menambahkan sumber referensi dari website ke Word, caranya dengan menyalin dan menempelkan link website ke dalam sumber referensi. Pastikan link website tersebut valid dan dapat diakses oleh pembaca.

5. Menambahkan Catatan Kaki

Jika ada pengutipan dari sumber referensi yang ingin ditambahkan catatan kaki, caranya dengan menambahkan catatan kaki pada bagian pengutipan tersebut di Word. Pilih menu “Referensi” pada tab menu di Word, kemudian pilih “Masukkan Catatan Kaki”.

6. Menambahkan Penomoran Halaman

Jika ingin menambahkan penomoran halaman pada sumber referensi yang diambil dari website, caranya dengan menambahkan nomor halaman pada bagian pengutipan. Nomor halaman tersebut dapat ditemukan di website atau pada dokumen PDF yang ditemukan di website.

7. Mengurutkan Daftar Pustaka

Setelah menambahkan sumber referensi, selanjutnya adalah mengurutkan daftar pustaka. Caranya dengan memilih menu “Referensi” pada tab menu di Word, kemudian pilih “Urutkan Daftar Pustaka”. Pilih jenis urutan yang diinginkan, seperti urutan abjad atau urutan penulisan.

8. Menambahkan Daftar Pustaka ke Karya Ilmiah

Setelah daftar pustaka selesai dibuat, selanjutnya adalah menambahkan daftar pustaka ke karya ilmiah. Caranya dengan menempatkan daftar pustaka pada akhir karya ilmiah.

Kesimpulan

Membuat daftar pustaka dari website dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Word. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan sumber referensi, menyimpan sumber referensi, menambahkan sumber referensi ke Word, menambahkan catatan kaki, menambahkan penomoran halaman, mengurutkan daftar pustaka, dan menambahkan daftar pustaka ke karya ilmiah. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, pembuatan daftar pustaka dari website dapat dilakukan dengan mudah dan efektif.