Cara Copy Web Yang Tidak Bisa Dicopy Chrome Android

Cara Copy Web Yang Tidak Bisa Dicopy Chrome Android UnBrick.ID

Kenapa Beberapa Web Tidak Bisa Dicopy?

Seiring berkembangnya teknologi, kebanyakan informasi kini bisa diakses dengan mudah di internet. Namun, terkadang kita menemui beberapa situs yang tidak memperbolehkan pengguna untuk menyalin isi dari halaman web tersebut. Hal ini tentu membuat kita kesulitan, terutama jika ingin mengutip atau membagikan informasi yang terdapat pada situs tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa beberapa situs tidak memperbolehkan pengguna untuk menyalin isi dari halaman web tersebut. Beberapa alasan tersebut antara lain untuk menjaga hak cipta, melindungi informasi yang sensitif, atau mencegah plagiarisme. Tapi jangan khawatir, kali ini kita akan membahas cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Metode Pertama: Gunakan Aplikasi Tambahan

Metode pertama yang bisa kita coba adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menyalin isi dari halaman web yang tidak bisa dicopy di Chrome Android. Salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan adalah aplikasi Copy Text On Screen.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Pertama, unduh aplikasi Copy Text On Screen dari Playstore. Setelah itu, buka halaman web yang ingin kita salin isinya. Kemudian, buka aplikasi Copy Text On Screen dan pilih opsi “Capture Screen”. Aplikasi ini akan menampilkan seluruh teks yang terdapat pada layar kita. Pilih teks yang ingin kita salin dan klik “Copy”. Teks yang kita pilih akan disalin ke clipboard dan siap untuk kita gunakan.

Metode Kedua: Gunakan Fitur “Print to PDF”

Metode kedua yang bisa kita coba adalah dengan menggunakan fitur “Print to PDF” yang terdapat pada Chrome Android. Fitur ini memungkinkan kita untuk menyimpan halaman web yang ingin kita salin sebagai file PDF. Cara menggunakan fitur ini juga cukup mudah.

Pertama, buka halaman web yang ingin kita salin. Kemudian, buka menu Chrome dengan menekan tombol titik tiga di pojok kanan atas layar. Pilih opsi “Print”. Setelah itu, pilih opsi “Save as PDF” dan klik “Save”. Halaman web yang kita salin akan disimpan sebagai file PDF di perangkat kita.

Metode Ketiga: Gunakan Fitur Developer Mode

Metode ketiga yang bisa kita coba adalah dengan menggunakan fitur Developer Mode yang terdapat pada Chrome Android. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengakses kode sumber halaman web dan menyalin isi dari halaman tersebut. Namun, cara ini hanya bisa digunakan oleh pengguna yang memiliki pengetahuan tentang HTML dan CSS.

Pertama, buka halaman web yang ingin kita salin. Kemudian, buka menu Chrome dengan menekan tombol titik tiga di pojok kanan atas layar. Pilih opsi “More Tools” dan klik “Developer Mode”. Setelah itu, klik kanan pada teks yang ingin kita salin dan pilih opsi “Edit as HTML”. Kita akan diarahkan ke mode pengeditan kode sumber halaman web. Salin teks yang ingin kita salin dari kode sumber tersebut dan simpan ke clipboard.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kita coba untuk menyalin isi dari halaman web yang tidak bisa dicopy di Chrome Android. Metode pertama dan kedua lebih mudah dan bisa digunakan oleh pengguna yang tidak memiliki pengetahuan tentang HTML dan CSS. Namun, jika kita ingin menggunakan metode ketiga, pastikan kita memiliki pengetahuan yang cukup tentang HTML dan CSS.

Jangan lupa, saat menyalin isi dari halaman web, kita harus selalu menghargai hak cipta dan mengutip sumber dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.