Cara Buat Situs Web Di Ig: Panduan Lengkap 2023

Cara Membuat Situs Web Ig Kumpulan Tips

Pengenalan

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer di seluruh dunia. Banyak orang menggunakannya untuk berbagi foto, video, dan cerita mereka sehari-hari. Namun, tahukah kamu bahwa kamu juga bisa membuat situs web di IG? Ya, kamu tidak salah dengar, dan dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat situs web di IG.

1. Membuat Akun Bisnis Instagram

Langkah pertama dalam membuat situs web di IG adalah dengan membuat akun bisnis Instagram. Langkah ini diperlukan karena hanya akun bisnis Instagram yang memiliki akses ke fitur “Tanamkan” (embed). Dengan fitur ini, kamu bisa menanamkan tautan dari situs web kamu ke dalam postingan IG kamu. Untuk membuat akun bisnis Instagram, kamu cukup masuk ke pengaturan profil dan pilih “Beralih ke Akun Bisnis.”

2. Membuat Situs Web

Setelah kamu memiliki akun bisnis Instagram, langkah selanjutnya adalah membuat situs web kamu. Ada banyak platform pembuat situs web gratis yang dapat kamu gunakan, seperti Wix, WordPress, atau Weebly. Pilih platform yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu dan mulai membuat situs web kamu.

3. Menanamkan Tautan ke Situs Web di Postingan IG

Setelah kamu selesai membuat situs web kamu, langkah selanjutnya adalah menanamkan tautan ke situs web kamu di postingan IG kamu. Untuk melakukannya, buat postingan baru dan pilih opsi “Tambahkan Tautan.” Kemudian, salin tautan situs web kamu dan tempelkan di kotak yang tersedia. Postingan kamu sekarang akan memiliki tautan ke situs web kamu.

4. Mempromosikan Situs Web di IG Story

Selain menanamkan tautan di postingan IG, kamu juga bisa mempromosikan situs web kamu di IG Story. Dalam IG Story, kamu bisa menambahkan tautan dengan menekan ikon “Tautan” dan memasukkan tautan situs web kamu. Ini akan membuat pengguna IG langsung diarahkan ke situs web kamu ketika mereka mengklik tautan di IG Story kamu.

5. Membuat Tautan yang Mudah Diingat

Saat kamu menanamkan tautan ke situs web kamu di postingan IG atau IG Story, pastikan kamu membuat tautan yang mudah diingat. Ini akan membantu pengguna IG untuk mengingat tautan kamu dan mengunjungi situs web kamu di kemudian hari.

6. Membuat Konten yang Menarik

Setelah kamu selesai membuat situs web kamu, pastikan kamu memposting konten yang menarik dan relevan. Ini akan membantu meningkatkan interaksi dan pengunjung situs web kamu. Buatlah konten yang informatif dan bermanfaat, serta jangan lupa untuk mempromosikan situs web kamu di postingan IG kamu.

7. Mengoptimalkan Situs Web untuk SEO

Untuk meningkatkan visibilitas situs web kamu di mesin pencari, pastikan kamu mengoptimalkan situs web kamu untuk SEO. Ini termasuk memilih kata kunci yang tepat, menambahkan meta deskripsi yang relevan, dan memastikan situs web kamu memiliki kecepatan muat yang cepat.

8. Meningkatkan Jangkauan Situs Web

Untuk meningkatkan jangkauan situs web kamu, kamu juga bisa mempromosikan situs web kamu di luar Instagram. Ini termasuk mempromosikan situs web kamu di platform media sosial lainnya, seperti Facebook atau Twitter, dan juga menggunakan iklan berbayar di Google atau Facebook.

9. Mengukur Kinerja Situs Web

Setelah kamu mempromosikan situs web kamu, pastikan kamu mengukur kinerja situs web kamu. Gunakan alat analitik seperti Google Analytics untuk melacak jumlah pengunjung, sumber pengunjung, dan perilaku pengunjung di situs web kamu. Ini akan membantu kamu memahami bagaimana situs web kamu berkinerja dan memperbaikinya jika diperlukan.

10. Meningkatkan Situs Web secara Terus-Menerus

Last but not least, pastikan kamu terus meningkatkan situs web kamu secara terus-menerus. Ini termasuk memposting konten yang lebih baik, meningkatkan kecepatan situs web kamu, dan memperbaiki tata letak situs web kamu. Dengan terus meningkatkan situs web kamu, kamu akan meningkatkan jangkauan dan kinerja situs web kamu secara umum.

Itulah panduan lengkap tentang cara membuat situs web di IG. Dengan mengikuti panduan ini, kamu bisa memanfaatkan platform media sosial populer ini untuk meningkatkan jangkauan dan kinerja situs web kamu. Teruslah belajar dan berinovasi, dan siapa tahu situs web kamu akan menjadi sukses di masa depan.