Home Digital Cara Bikin Barcode Website

Cara Bikin Barcode Website

Cara Membuat Barcode Pada Excel Dehaliyah

Pendahuluan

Barcode adalah sebuah kode yang berisi informasi tentang produk atau barang yang bisa dibaca secara optik. Dalam era digital seperti sekarang, barcode banyak digunakan untuk keperluan bisnis dan perdagangan. Oleh karena itu, membuat website yang mampu menghasilkan barcode sendiri bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis Anda. Berikut ini adalah cara bikin barcode website yang mudah dan sederhana.

Langkah 1: Pilih Platform Website

Platform website yang dapat digunakan untuk membuat barcode adalah WordPress, Magento, dan OpenCart. Anda bisa memilih platform yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Setelah memilih platform, pastikan untuk melakukan instalasi plugin barcode generator pada website Anda.

Langkah 2: Pilih Jenis Barcode

Ada beberapa jenis barcode yang dapat dipilih, antara lain adalah Code 39, Code 128, dan QR Code. Pastikan untuk memilih jenis barcode yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Setelah memilih jenis barcode, Anda bisa mulai memasukkan data yang ingin dijadikan barcode.

Langkah 3: Memasukkan Data

Data yang dimasukkan ke dalam barcode bisa berupa angka, huruf, atau kombinasi keduanya. Pastikan untuk memasukkan data dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Setelah memasukkan data, barcode bisa di-generate dengan mudah melalui plugin barcode generator yang sudah diinstal pada website.

Langkah 4: Menambahkan Barcode ke Produk

Setelah barcode di-generate, Anda bisa menambahkannya ke produk yang dijual melalui website. Pastikan untuk menempatkan barcode pada tempat yang mudah terlihat oleh pelanggan. Barcode yang terlihat jelas dan mudah dibaca akan membantu kegiatan bisnis Anda.

Langkah 5: Menguji Barcode

Sebelum barcode digunakan secara massal, pastikan untuk melakukan uji coba terhadap barcode tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa barcode dapat terbaca dengan baik dan akurat. Jika barcode tidak terbaca, maka bisnis Anda bisa mengalami kerugian.

Kesimpulan

Membuat barcode website bisa menjadi salah satu nilai tambah bagi bisnis Anda. Dengan menggunakan plugin barcode generator pada platform website yang sudah dipilih, maka proses pembuatan barcode akan menjadi lebih mudah dan sederhana. Pastikan untuk memilih jenis barcode yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan menguji barcode sebelum digunakan secara massal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi bisnis Anda.