Apa Perbedaan Antara Web Dan Gopher?

Perbedaan Antara Aplikasi Berbasis Web dengan Desktop PT MANDIRI

Pengantar

Saat ini, internet sudah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di internet, mulai dari mencari informasi, berbelanja online, hingga menghubungi teman dan keluarga yang jauh. Namun, tahukah kamu bahwa internet tidak selalu seperti yang kita kenal sekarang? Pada awalnya, ada dua protokol yang digunakan untuk mengakses konten di internet, yaitu web dan gopher.

Apa Itu Web?

Web atau World Wide Web (www) adalah salah satu protokol yang digunakan untuk mengakses konten di internet. Konten di web ditampilkan dalam bentuk halaman web yang bisa diakses melalui browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari. Halaman web biasanya berisi teks, gambar, dan video yang terhubung dengan hyperlink atau tautan.

Apa Itu Gopher?

Gopher adalah protokol lain yang digunakan untuk mengakses konten di internet. Protokol ini dikembangkan sebelum web dan populer pada awal 1990-an. Konten di gopher ditampilkan dalam bentuk menu yang terdiri dari teks dan tautan. Meskipun tidak sepopuler web, gopher masih digunakan untuk beberapa layanan seperti arsip dokumen dan situs web sederhana.

Perbedaan Antara Web dan Gopher

Ada beberapa perbedaan antara web dan gopher. Pertama, tampilan. Konten di web ditampilkan dalam bentuk halaman web yang lebih interaktif dan menarik, sementara gopher hanya menampilkan menu teks yang sederhana. Kedua, kemampuan. Web memiliki kemampuan yang lebih luas dalam menampilkan konten seperti gambar dan video, sementara gopher hanya terbatas pada teks dan beberapa file.

Ketiga, kecepatan. Web biasanya lebih lambat karena konten yang ditampilkan lebih besar dan kompleks, sedangkan gopher lebih cepat karena hanya menampilkan teks dan file sederhana. Keempat, popularitas. Web lebih populer dan banyak digunakan oleh pengguna internet, sedangkan gopher sudah tidak sepopuler dulu dan hanya digunakan untuk beberapa layanan tertentu.

Kesimpulan

Dalam perkembangan teknologi, protokol web telah menggantikan gopher sebagai protokol yang lebih populer dan lebih luas kemampuannya. Namun, gopher masih bertahan dan digunakan untuk beberapa layanan tertentu. Dalam memilih protokol yang digunakan, kita perlu mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk mengakses konten di internet.

Sumber

https://www.lifewire.com/gopher-protocol-373319