Apa Itu Web App?

Apa itu Progressive Web Apps (PWA)? Komputerisasi Akuntansi D3 UNIKOM

Pengenalan

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah web app atau aplikasi web, tetapi apakah Anda benar-benar tahu apa itu? Secara sederhana, web app atau aplikasi web adalah program komputer yang dijalankan di dalam browser Anda. Berbeda dengan aplikasi desktop yang harus diunduh dan diinstal di komputer Anda, web app dapat diakses melalui internet dan tidak memerlukan instalasi khusus.

Keuntungan Web App

Salah satu keuntungan utama dari web app adalah aksesibilitas. Karena web app dapat diakses melalui browser, pengguna dapat menggunakannya dari mana saja asalkan terhubung ke internet. Selain itu, pengembang tidak perlu membuat versi yang berbeda untuk setiap platform seperti halnya pada aplikasi desktop.

Contoh Web App

Contoh web app yang terkenal adalah Gmail, Google Docs, dan Trello. Gmail memungkinkan pengguna untuk mengakses email mereka dari browser tanpa perlu mengunduh aplikasi email khusus. Google Docs memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi dokumen secara online. Sementara Trello adalah aplikasi manajemen proyek yang dapat diakses dari browser.

Cara Kerja Web App

Web app dibangun menggunakan bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Ketika Anda membuka web app, browser Anda mengunduh file HTML, CSS, dan JavaScript yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi. Setelah file-file tersebut diunduh, browser Anda akan menginterpretasikan kode tersebut dan menampilkan aplikasi web di layar Anda.

Web App vs Website

Meskipun web app dan website berjalan di browser, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Website umumnya berisi informasi statis yang tidak berubah-ubah, sedangkan web app lebih interaktif dan dinamis. Web app juga dapat menyimpan data pengguna dan menggunakannya untuk menyediakan pengalaman yang lebih personal.

Kesimpulan

Web app adalah aplikasi yang dapat diakses melalui browser dan tidak memerlukan instalasi khusus. Keuntungan utama dari web app adalah aksesibilitas dan kemampuan untuk berjalan di berbagai platform. Contoh web app yang terkenal adalah Gmail, Google Docs, dan Trello. Web app dibangun menggunakan bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, dan JavaScript dan lebih interaktif dan dinamis dibandingkan dengan website.