Apa Fungsi Dari Web Server?

Apa Itu Server? Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerja Jatimtech

Pengertian Web Server

Sebelum membahas tentang apa fungsi dari web server, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu web server. Web server adalah sebuah program atau software yang berfungsi untuk menerima permintaan dari klien (client) dan mengirimkan kembali data yang diminta tersebut dalam bentuk halaman web.

Fungsi Web Server

Web server memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya:

1. Menyimpan Data

Web server berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau informasi yang akan ditampilkan pada halaman web. Data tersebut dapat berupa gambar, teks, video, atau file lainnya.

2. Menjalankan Aplikasi Web

Sebagian besar aplikasi web memerlukan web server untuk dapat berjalan. Web server akan menjalankan aplikasi tersebut dan mengirimkan hasilnya ke klien.

3. Mengelola Akses Pengguna

Web server juga berfungsi untuk mengelola akses pengguna terhadap halaman web. Hal ini dilakukan dengan cara memeriksa hak akses pengguna terhadap halaman web yang diminta.

4. Memproses Permintaan

Web server akan memproses permintaan dari klien dan mengirimkan kembali data yang diminta dalam bentuk halaman web. Proses ini meliputi pengambilan data dari penyimpanan, pengolahan data, dan pengiriman kembali ke klien.

Jenis Web Server

Terdapat beberapa jenis web server yang berbeda, di antaranya:

1. Apache

Apache adalah salah satu web server yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Apache dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, termasuk Linux, Windows, dan Mac OS.

2. Nginx

Nginx merupakan web server open source yang populer digunakan untuk menangani lalu lintas web yang tinggi. Nginx juga dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi.

3. Microsoft IIS

Microsoft IIS adalah web server yang dikembangkan oleh Microsoft dan hanya dapat dijalankan pada sistem operasi Windows.

Kesimpulan

Web server memiliki fungsi penting dalam menjalankan sebuah halaman web. Web server berfungsi sebagai tempat penyimpanan data, menjalankan aplikasi web, mengelola akses pengguna, dan memproses permintaan. Terdapat beberapa jenis web server yang berbeda, di antaranya Apache, Nginx, dan Microsoft IIS.