Agenda Web: Mengenal Relative Clauses Dengan Mudah

Relative pronouns

Apa itu Relative Clauses?

Relative clauses atau kalimat yang mengandung klausa relatif adalah sebuah frasa atau kalimat yang digunakan untuk menjelaskan atau memberikan informasi tambahan tentang sebuah kata benda atau kata kerja dalam sebuah kalimat. Klausa relatif biasanya berupa sebuah klausa yang diawali dengan kata ganti relatif seperti who, whom, which, that, dan whose.

Mengenal Jenis-Jenis Relative Clauses

Dalam bahasa Inggris, terdapat dua jenis relative clauses, yaitu restrictive relative clauses dan non-restrictive relative clauses. Kedua jenis relative clauses ini memiliki perbedaan dalam penggunaan dan fungsinya.

1. Restrictive Relative Clauses

Restrictive relative clauses digunakan untuk memberikan informasi yang sangat penting dan tidak bisa digantikan dengan kata lain. Klausa ini tidak bisa dihilangkan dari kalimat tanpa merubah makna kalimat tersebut. Contoh: The teacher who teaches math is my favorite teacher.

2. Non-Restrictive Relative Clauses

Non-restrictive relative clauses digunakan untuk memberikan informasi tambahan yang tidak terlalu penting dan bisa digantikan dengan kata lain. Klausa ini bisa dihilangkan dari kalimat tanpa merubah makna kalimat tersebut. Contoh: My favorite teacher, who teaches math, is very kind.

Cara Membuat Relative Clauses

Untuk membuat relative clauses, perlu diperhatikan beberapa hal seperti memilih kata ganti yang tepat, memilih kata kerja yang tepat, dan mengatur urutan kata dalam kalimat. Contoh: The book that I read yesterday was very interesting.

Kesimpulan

Relative clauses adalah sebuah frasa atau kalimat yang digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang sebuah kata benda atau kata kerja dalam sebuah kalimat. Terdapat dua jenis relative clauses, yaitu restrictive relative clauses dan non-restrictive relative clauses. Untuk membuat relative clauses, perlu diperhatikan beberapa hal seperti memilih kata ganti yang tepat, memilih kata kerja yang tepat, dan mengatur urutan kata dalam kalimat.